Berkah Ramadhan Pedagang Takjil Musiman

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari

Selasa 21 Jun 2016 11:37 WIB

Warga berburu aneka makanan pembuka puasa. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Warga berburu aneka makanan pembuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan Ramdhan berburu kudapan berbuka puasa menjadi kegiatan yang digemari banyak orang. Tempat dan pedagang yang khusus menjajakan menu berbuka selama bulan Ramadhan membuat suasana sebelum buka pun semakin semarak. Tak jarang pedagang musiman yang hanya berjualan ketika bulan Ramadhan.

Salah satu pedagang musiman yang hanya berjualan selama bulan Ramadhan adalah Ibu Cua. Pedagang takjil seperti gorengan, kolak, lontong, dan es buah ini berdagang di Jalan Petogogan, Jakarta Selatan.

"Sudah lama jualan kaya gini, sudah belasan tahun di setiap bulan Ramadhan saja," ujar Cua, di sela-sela melayani pembeli takjil dagangannya, Senin (20/6).

Cua yang sehari-hari menjadi ibu rumah tangga berjualan dibantu sanak saudaranya dan membagi dagangannya menjadi dua tempat. Ia mengaku omset yang didapat selama bulan Ramadhan antara Rp 350 ribu hingga Rp 500 ribu sehari dari satu tempat.

Cua mengaku jenis dagangan yang paling banyak dicari adalah gorengan seperti tahu goreng isi telur puyuh, bakwan, lontong dan risol smoke beef yang berisi irisan daging, telur, dan mayones. Dagangannya dibanderol dari Rp 1.000 hingga Rp 4.500 per satuannya.

"Jualan mulai jam 3 sore, kadang-kadang sebelum Maghrib dagangan sudah ludes habis. Ya. paling lama setelah adzan Maghrib sudah pulang," katanya.

(baca: Kalio Daging Campur Kurma, Ide Menu Ramadhan Menarik)

Terpopuler