Tiket Mudik dari Stasiun Solo Balapan Habis

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah

Senin 20 Jun 2016 16:51 WIB

Ratusan calon penumpang KA Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta Gambir berjam-jam menunggu kereta mereka yang belum juga tiba, di stasiun Solo Balapan, Solo, Jateng Selasa (16/1). Foto: Antara/Str-Andika Betha Ratusan calon penumpang KA Argo Lawu jurusan Solo-Jakarta Gambir berjam-jam menunggu kereta mereka yang belum juga tiba, di stasiun Solo Balapan, Solo, Jateng Selasa (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tiket Kereta Api (KA) dari Stasiun Solo Balapan tujuan kota besar lainnya di Indonesia ludes terjual. Kepala Stasiun Solo Balapan Budi Santoso mengatakan jelang arus mudik Lebaran tiket KA di Solo Balapan sudah habis sejak tiga bulan lalu hingga H+10.

Ia menghimbau pemudik dapat menggunakan moda transportasi lainnya.

"Dari sekian KA, berikut tambahan per KA dari Solo Balapan 460 (tiket per orang), dan itu sudah habis tiga bulan lalu, jadi sudah nasib-nasiban yang dapat apalagi dengan online. Tambahan saja habis, jadi yang tidak dapat bisa menggunakan transportasi lainnya," ujar Budi di Stasiun Solo Balapan Kota Surakarta pada Senin (20/6) sore.

Sejumlah KA yang akan mengangkut penumpang pada arus mudik nanti seperti Argo Lawu, Lodaya, Senja Utama Solo, Argo Dwi Pangga. Terdapat juga kereta tambahan PT KAI yakni dari Argo Lawu Eksekutif.

 

Budi mengatakan jika ada penumpang yang membatalkan keberangkatannya, maka ada kesempatan untuk menggantikan bagi penumpang lain yang belum mendapatkan tiket untuk mudik.

"Hanya saja sekarang sama agen yang lebih dulu ambil," ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan terbaik pada pemudik yang puncaknya terjadi pada H-3 pihaknya melakukan pembenahan sejumlah fasilitas umum. Stasiun Solo Balapan melakukan perbaikan pada ruang tunggu, toilet, hingga parkir kendaraan.

Ia juga berkoordinasi dengan Polresta Surakarta, Brimob, TNI untuk membantu menjaga keamanan saat lonjalkan penumpang terjadi.

Terpopuler