Anak Penghafal Alquran Jadi Penolong Orang Tua di Akhirat

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Karta Raharja Ucu

Sabtu 18 Jun 2016 19:06 WIB

Tadarus Alquran/Ilustrasi Foto: AP Photo/Tatan Syuflana Tadarus Alquran/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Abdulrahman Fakhroo menggelar lomba tahfiz untuk anak-anak. Novelis Habiburrahman El Shirazy hadir dalam acara pembukaan perlombaan tersebut pada Sabtu (18/6) di Mushala Abdulrahman Fakhroo, Tanah Sereal, Kota Bogor.

Kang Abik, sapaan Habiburrahman memberikan ceramah dalam pembukaan lomba tahfiz. "Menyaksikan anak dekat dengan Alquran, ini nikmat untung orang tua. Tidak semua ayah dan ibu bisa merasakan itu," kata Habiburrahman, Sabtu (18/6).

Menurut dia, para orangtua nantinya akan menyesal terutama di alam kubur jika anak-anak tidak diajarkan untuk dekat dengan Alquran. Habiburrahman mengajak orangrua untuk dekat dengan Alquran begitupun dengan anak-anak agar hidup di dunia dan akhirat bisa bahagia.

"Kalau anak-anak kita hafal Alquran bisa menjadi syafaat dari Allah SWT untuk kita orang tua di akhirat nanti. Mereka (anak-anak) menjadi pemulia untuk orang tua," kata Habiburrahman.

Untuk itu, dia merasa bersyukur pada masa sekarang banyak perlombaan untuk anak-anak menghafal Alquran. Semasanya kecil, anak-anak bisa dekat dan rajin membaca Alquran saja sudah menjadi hal yang bagus sekali.

Dia menyarankan, orang tua tak perlu selalu menyekolahkan anak jauh-jauh untuk bisa menghafal Alquran. "Datangkan dan ajaklah anak-anak ke mushala terdekat. Bapak ibu tak perlu bepisah dengan anak-anak, belajar di sekolah tahfiz Insya Allah bisa menjadi penghafal Alquran," ujar Kang Abik.

Begitupun dengan perlombaan tahfiz di Mushala Abdulrahman Fakhroo yang diawali karena banyak anak di lingkungan tersebut belajar Alquran. Perlombaan yang disponsori oleh Syekh Abdulrahman Fakhroo dari Qatar dan Republika Media Mandiri itu digelar mulai 18-19 Juni 2016 untuk babak penyisihan dan final dilakukan pada 25-26 Juni 2016.

Terpopuler