Sejumlah Maskapai Ajukan Penambahan Penerbangan di Kualanamu

Rep: Issha Harruma/ Red: Esthi Maharani

Sabtu 18 Jun 2016 16:36 WIB

Bandara Kualanamu Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana Bandara Kualanamu

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Bandara Kualanamu, Deli Serdang sudah menerima penambahan jadwal penerbangan dari sejumlah maskapai penerbangan. Pengajuan penambahan jadwal ini dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Ada lima maskapai yang sudah kita terima penambahan jadwal penerbangannya pada arus mudik tahun ini," kata Plh Manager Humas dan Protokoler Bandara Kualanamu Wisnu Budi Setianto, Sabtu (18/6).

Wisnu menyebutkan, penambahan jadwal tersebut untuk penerbangan internasional maupun domestik. Untuk penerbangan internasional, maskapai yang mengajukan penambahan jadwal, yakni Silk Air dan Jet Star. Sedangkan, untuk domestik, yaitu Citilink, Sriwijaya dan AirAsia

Menurut Wisnu, lonjakan penumpang diperkirakan akan berlangsung empat hari sebelum atau H-4 Lebaran. Saat ini, lanjut Wisnu, ada 21 ribu penumpang yang berangkat maupun tiba di Bandara Kualanamu dalam sehari. Angka ini diprediksi akan melonjak hingga 30 ribu penumpang pada puncak arus mudik kelak.

"Diperkirakan persentase kenaikannya berkisar empat persen dari tahun sebelumnya," kata Wisnu.

Sebagai bentuk pelayanan, Wisnu mengatakan, selama arus mudik hingga arus balik, pihaknya akan membuka posko terpadu sejak H-10 hingga H+10. Posko tersebut dikelola bersama dengan pihak terkait, seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta pemerintah kabupaten Deli Serdang.

Terpopuler