Menhub Upayakan Zero Accident di Arus Mudik Tahun Ini

Rep: c39/ Red: Bilal Ramadhan

Sabtu 18 Jun 2016 13:08 WIB

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Foto: dok. Kemenhub Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Mudik lebaran merupakan kegiatan rutin tahunan di Indonesia. Tahun inI pemerintah menargetkan zero accident, sehingga Kementerian Perhubungan berupaya semaksimal mungkin agar tidak ada kecelakaan khususnya pada angkutan lebaran.

Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mengatakan, zero accident merupakan target pemerintah yang diarahankan secara langsung Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan keselamatan para pemudik.

"Jadi ini untuk transportasi umum. Nah, untuk transportasi umum makanya ini semua sarana dan prasarana diperiksa," Kata Jonan saat melakukan kunjuangan kerja ke Batam, Jumat (17/6).

Seharian penuh hari itu, Jonan melakukan peninjauan ke beberapa daerah untuk memastikan kesiapan jalur udara atau laut. Dimulai pagi, Jonan berkunjung ke Banjar Masin, Balik Papan, Batam, dan terakhir Lampung. Di Batam sendiri, ia tiba sekitar pukul 15.30 WIB.

"Ini targetnya zero accident. Memang Ada yang tanya, bisa dijamin gak? Ya gak bisa, kita berusaha maksimal," ucap dia.

Jonan menambahkan, semua moda kendaraan umum harus diperiksa terkait kesiapannya atau pun kelaikannya. Jonan menargetkan hingga tanggal 24 Juni mendatang semua kendaraan sudah selesai diperiksa. "Semua moda kendaraan  harus dicek, itu harus. Batasnya sampai tanggal 24 Juni," jelas dia.

Tidak hanya meninjau sarana transportasi pesawat udara dan kapal laut saja, Jonan juga berencana memantau langsung bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), lokomotif dan kereta api.

Terpopuler