4 SPBU Beri BBM Bagi Pembaca Alquran di Kediri

Red: Andi Nur Aminah

Sabtu 18 Jun 2016 01:44 WIB

Kaum muslim melakukan tadarus Alquran di mushala SPBU Pertamina, Jalan Kudus-Jepara, Rabu (15/6). Foto: ANTARAFOTO/Yusuf Nugroho Kaum muslim melakukan tadarus Alquran di mushala SPBU Pertamina, Jalan Kudus-Jepara, Rabu (15/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Empat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Kediri Provinsi Jawa Timur memberikan bahan bakar khusus (BBK) secara gratis kepada warga yang membaca satu juz Kitab Suci Alquran dalam Program 'Baca 1 Juz Gratis 2 Liter BBK'.

"Konsumen yang mampu membaca satu juz, berhak memperoleh voucer dua liter BBK," kata General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Ageng Giriyono, dalam keterangannya, Jumat (17/6).

Dia mengemukakan, di Kediri SPBU yang menerapkan program itu antara lain dua SPBU di Kabupaten Kediri. Tepatnya di Desa Krenceng Kecamatan Kepung, dan SPBU Tegowangi Kecamatan Plemahan. Sedangkan di Kota Kediri adalah SPBU Jalan Letjen Haryono Nomor 18 Kediri serta SPBU Kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Ia mengatakan, Pertamina telah menggandeng Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Nurul Hayat dalam Program 'Baca 1 Juz Gratis 2 Liter BBK' tersebut. Secara total, terdapat 59 SPBU di Jatim yang menerapkan program tersebut, termasuk di Kediri. Program itu berlangsung mulai 16 hingga 30 Juni 2016.

Dia menegaskan, program ini terbuka untuk masyarakat umum. Mereka bisa mendaftarkan diri ke mushala untuk membaca Alquran. Setelah selesai, mereka akan mendapatkan voucer BBK yang hanya bisa digunakan hari itu juga. "Agenda ini terbuka bagi masyarakat umum. Masyarakat bisa mendaftar di mushala yang ada di SPBU dan akan dilayani oleh petugas dari Yayasan Nurul Hayat untuk pembacaan Alquran itu," katanya pula.

Ketua Laznas Nurul Hayat Muhammad Molik mengaku menyambut positif program tersebut. Mengingat secara tidak langsung meningkatkan semangat masyarakat untuk mengaji serta berlomba mencari berkah di bulan suci Ramadan ini. "Program ini dapat menjaga niat yang mengikuti atau pengaji untuk mendapatkan keberkahan di bulan Ramadan," ujarnya.

Selain mendukung pembacaan Alquran, Laznas Nurul Hayat juga akan memberikan sosialisasi tentang zakat dan membuka gerai penerimaan zakat di SPBU.

Terpopuler