Tips Menjaga Stamina Tubuh Selama Berpuasa

Red: Andi Nur Aminah

Jumat 17 Jun 2016 06:43 WIB

Ilustrasi Persiapan Buka Puasa Foto: Republika/ Wihdan Ilustrasi Persiapan Buka Puasa

REPUBLIKA.CO.ID, Bulan puasa menjadi bulan yang paling berkah untuk seluruh umat muslim  di dunia. Mereka harus mampu menahan makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Kurangnya makanan dan minuman selama puasa dapat mengurangi tingkat energi seseorang. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menjalankan aktivitas.

    

Dilansir dalam Boldsky, ada beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan.

1. Makan sahur menjadi yang paling penting saat Ramadhan. Ini karena makanan sahur berguna untuk membentuk energi selama seharian. Usahakan untuk mengonsumsi makanan seperti oatmeal, telur dan buah-buahan di waktu tersebut.

2. Tidak sedikit orang yang mengeluh masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit selama bulan puasa. Kurangnya makanan berserat menjadi faktor utama dari masalah ini. Disarankan untuk mengonsumsi kurma, biji-bijian, sayuran, atau buah-buahan selama puasa untuk memastikan bahwa tubuh memiliki jumlah nutrisi yang cukup.

3. Hindari mengonsumsi teh dan kopi dalam jumlah yang banyak. Sebaliknya, minum banyak air putih saat sahur dan berbuka puasa akan membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

Terpopuler