Penyedia Mudik Gratis Diimbau Tertib Aturan

Rep: C39/ Red: Julkifli Marbun

Jumat 17 Jun 2016 00:28 WIB

Suasana sejumlah kendaraan memadati ruas jalur lalu lintas di kawasan Pasar Tumpah, Rancaekek, Kab. Bandung, Jabar, Selasa (14/8). Pemudik yang menuju Garut sebaiknya mewaspadai kemacetan di sepanjang Jalan Raya Rancaekek, yang diakibatkan pasar tumpah dan Foto: Dok Republika Suasana sejumlah kendaraan memadati ruas jalur lalu lintas di kawasan Pasar Tumpah, Rancaekek, Kab. Bandung, Jabar, Selasa (14/8). Pemudik yang menuju Garut sebaiknya mewaspadai kemacetan di sepanjang Jalan Raya Rancaekek, yang diakibatkan pasar tumpah dan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang mudik lebaran Idul Fitri 2016, tidak sedikit para pengusaha atau perusahaan yang menggelar mudik bareng gratis. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab sosial mereka terhadap para karyawan, ataupun masyarakat ekonomi lemah.

Namun, Kasubdit Bin Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengimbau kepada para penyedia mudik tersebut untuk memperhatikan kendaraannya agar tertib aturan. "Dihimbau armada yang akan digunakan untuk mudik gratis diperhatikan kelaikan kendaraan dan persyaratan teknisnya," kata Budi kepada wartawan, Kamis (16/6).

Selain itu, kata dia, para pengemudi juga harus memperhatikan masalah waktu kerja pengemudi dan juga tetap mematuhi ketentuan rambu-rambu lalu lintas, seperti marka, batas kecepatan, dan tata cara mengangkut  orang dan barang.

"Berlakulah tertib, wajar, dan penuh konsentrasi, serta tidak boleh melakukan giat lain yang dapat mengurangi konsentrasi. Kelalaian atau kurang konsentrasi pada saat mengemudikan kendaraan bermotor dapat berakibat pada kecelakaan lalu lintas," jelas Budi.

Budi mengatakan, beberapa perusahaan telah merencanakan dan mempersiapkan mudik gratis dengan berbagai sarana, lokasi, dan waktu pemberangkatan. Berikut beberapa penyedia mudik gratis yang sudah terinventarisir di Ditlantas Polda Metro Jaya:

Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI menyediakan mudik gratis untuk jurusan Surabaya, Blitar, Pati, Wonosari, dan Wonogiri. Pemberangkatan akan dilaksanakan di Ring Road Senayan Parkir Timur Senayan pada tanggal 28 Juni 2016 pukul 07.00 WIB dengan armada sebanyak 105 bus.

Jasa Raharja

Perusahaan ini juga akan melayani mudik gratis dengan jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung. Pemberangkatan pada tangal 29 dan 30 Juni 2016 di Parkir Timur GBK Senayan untuk ke Jawa Tengah dan Stasiun Senin untuk ke Jawa Timur dan Lampung. Jumlah armada bus sebanyak 435 bus dan ditambah dengan 4 rangkaian KA.

Kemenhub

Tidak hanya perusahaan, pemerintah juga menggelar mudik gratis untuk jurusan Jawa Tengah. Lokasi pemberangkatan di TMII pada tanggal 1 dan 2 Juli 2016. Sementara, jumlah kendaraan yaitu dengan 1302, dengan jumlah  76.997 orang.