Pelni Operasikan Tiga Kapal Mudik dari Timika

Red: Nidia Zuraya

Kamis 16 Jun 2016 19:55 WIB

Penumpang turun dari kapal Pelni KM Dobonsolo.  (Republika/Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Penumpang turun dari kapal Pelni KM Dobonsolo. (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- PT Pelni (Persero) mengoperasikan tiga kapal penumpang untuk mengangkut para penumpang mudik Lebaran dari Timika ke sejumlah daerah lain di wilayah barat Indonesia.

Kepala Cabang PT Pelni Timika Suaidi mengatakan tiga kapal penumpang tersebut yaitu KM Tatamailau, KM Sirimau dan KM Leuser. Ketiga kapal tersebut memiliki jadwal pelayaran reguler dari dan ke Pelabuhan Paumako Timika.

"Kami perkirakan tahun ini ada lonjakan arus penumpang mudik Lebaran sekitar 5-10 persen dari hari-hari biasa. Biasanya penumpang yang naik dari Pelabuhan Paumako Timika sekitar 400-600 orang. Kalau menjelang hari raya, biasanya naik sampai 800 orang penumpang," kata Suaidi, Kamis (16/6).

Selain ketiga kapal yang masing-masing berkapasitas 1.200 penumpang tersebut, PT Pelni juga menyediakan dua kapal lain untuk menunjang pelayanan masyarakat memasuki hari raya Lebaran yaitu Kapal Tol Laut Freedom dan Kapal Perintis Sabuk Nusantara yang berlayar keliling wilayah Papua.

"Kepada seluruh calon penumpang kapal Pelni, kami mengimbau agar membeli tiket dari jauh-jauh hari sebelumnya. Kami sudah membuka penjualan tiket hingga 30 hari ke depan. Kalau tiket sudah habis, jangan memaksakan diri untuk naik ke kapal tapi mencari alternatif lain. Sudah ada instruksi dari Kemenhub agar petugas tidak memperbolehkan penumpang yang tidak bertiket untuk naik ke kapal," jelas Suaidi.

Ia mengatakan sesuai instruksi dari jajaran Direksi PT Pelni Pusat, tidak ada kenaikan harga tiket untuk pelayaran selama arus mudik Lebaran maupun arus balik Lebaran tahun ini. "Harga tiket kapal Pelni masih seperti hari-hari biasa, tidak ada kenaikan," ujarnya.