Rest Area Ini Bisa Tampung Hingga 7.000 Mobil per Jam

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 15 Jun 2016 10:26 WIB

Rest Area Foto: Antara Rest Area

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Mudik sebentar lagi. Bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan kendaraan darat, sebaiknya mulai mencari-cari informasi tempat istirahat agar perjalanan tidak begitu melelahkan.

Pengelola Rest Area kilometer 72 Tol Purbaleunyi mengatakan, dari total 13,5 hektar lahan yang dimiliki, 7 hektar diantaranya sudah bisa dimaksimalkan saat mudik Lebaran 1437 H. Sementara sisa lahan lainnya masih dalam tahap pengembangan.

Namun begitu, pengelola rest area terbesar di sepanjang Jalan Tol Cikampek dan Purbaleunyi tersebut mengklaim sudah siap menghadapi arus mudik tahun ini. Bahkan, lahan yang tersedia saat ini bisa menampung hingga 7.000 mobil (termasuk kendaraan besar) setiap jamnya.

"Kalau parkir kemarin yang ramai aja kita bisa tampung sampai 7.000 mobil, itu bisa masuk walaupun enggak berhenti semuanya. Tapi kalau 7 ribu-10 ribu mobil sejam atau dua jam itu masih bisa sih," kata Marketing and Promotion Manager Rest Area km 72A, Purbaleunyi,  Happy Tri Wibowo kepada Republika.co.id, di Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Selasa (14/6).

Namun begitu, saat mobil yang masuk rest area tersebut sudah mencapai jumlah yang maksimal, buka-tutup akan dilakukan. Itu demi menghindari antrean yang bisa menimbulkan kemacetan.

"Buka tutup tetap dilaksanakan selama itu diperlukan. Karena kalau sudah nggak muat kan pasti ngantre di belakang dan itu kan sumber kemacetan. Itu kan pasti ditutup kemudian dialirkan ke rest area berikutnya," ucap Happy.

Terpopuler