Ini Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa

Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 15 Jun 2016 05:39 WIB

Berbuka puasa Foto: dubai travel culture Berbuka puasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Nawani dalam kitabnya Riyadhus Shalihin mengungkapkan, jika waktu Maghrib sudah tiba umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, diperintahkan untuk segera berbuka.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Sahl bin Sa'ad ra yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Kaum Muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muttafaqun 'alaih.

Menurut Imam Nawawi, mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, adalah cara untuk menjauhkan diri dari ajaran puasa yang berlebihan yang memberatkan diri sendiri.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, ''Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, ''HambaKu yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muslim.

Menurut Imam Nawawi, jika kita ingin mendapatkan cinta dan ridha Allah SWT, maka kita harus menyegerakan berbuka puasa sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Imam Nawawi menambahkan, ''Selama kita mau mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan,'' tulis Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin.

Terpopuler