Persiapan Lebaran, Tol Purbaleunyi Berbenah

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agung Sasongko

Selasa 14 Jun 2016 15:57 WIB

Jalan tol Purbaleunyi Foto: Republika/Raisan Al Farisi Jalan tol Purbaleunyi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiapan dilakukan PT Jasa Marga guna menyambut mudik Lebaran 1437 H. Salah satunya adalah perbaikan di sepanjang Jalan Tol Purbaleunyi. 

"Perbaikannya Macam-macam, kita ada penambalan, overlay (pengaspalan), Expantion Joint (perbaikan jembatan) dan ada juga rekonstruksi," kata Pengawas Lapangan Jasa Marga, Djarek Titis kepada Republika, di kawasan Bandung Barat, Selasa (14/6).

Djarek melanjutkan, penambalan dilakukan dari kilometer 67 sampai kilometer 104 ke arah Cileunyi. Adapun pengerjaannya, proyek tersebut dikerjakan oleh tiga tim sekaligus.

Sementara itu, overlay (pengaspalan) dilakukan dari kilometer 108 hingga kilometer 111 ke arah Cileunyi. "Kalau dari kilometer 109 sampai kilometer 111 sudah diaspal kemarin pengerjaannya 9 hari. Hari ini baru mulai lagi dari kilometer 108 sampai kilometer 109 dan tiga harian lah kita bisa selesaikan," ucap Djarek.

Masih di kilometer yang sama, rekonstruksi dikerjakan. Akan tetapi, rekonstruksi ini dilakukan dari kilometer 111 hingga kilometer 108 ke arah Jakarta. "Kalau rekonstruksi itu dibongkar dulu, ditambal, baru diaspal," kata Djarek.

Selain itu, Jasa Marga juga melakukan Expantion Joint (perbaikan jembatan) di setiap jembatan-jembatan yang terdapat sepanjang jalan tol penghubung Purwakarta dan Cileunyi tersebut. "Kalau perbaikan jembatan itu pas sambungan-sambungannya diperbaiki," terang Djarek.

Terpopuler