Imam Masjid Palestina: Ramadhan Sarana Mencapai Ketaqwaan Umat Islam

Red: Nidia Zuraya

Selasa 14 Jun 2016 03:25 WIB

Syeikh Iyad Abu Rabi' saat mengisi taushiyah Shubuh di Masjid Ummul Qurro Depok, Jawa Barat, Selasa  (7/6). Foto: Dok BMH Syeikh Iyad Abu Rabi' saat mengisi taushiyah Shubuh di Masjid Ummul Qurro Depok, Jawa Barat, Selasa (7/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan merupakan bulan spesial yang disiapkan Allah SWT dalam satu tahun, khusus bagi hamba-Nya yang beriman sebagai sarana mencapai ketaqwaan.

"Tujuan dari pensyariatan segala ibadah adalah agar kita menjadi umat yang satu, ketika shalat dengan satu imam, ketika puasa semuanya sama dari timur ke barat berpuasa di bulan suci Ramdhan, ketika haji semuanya sama satu memakai pakaian yg sama," kata Imam Masjid Palestina, Syeikh Iyad Abu Rabi' dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/6).

Jadi lanjutnya mesti disadari dan diamalkan bahwa umat Islam adalah umat yang satu dan tidak ada perbedaan antara orang Arab maupun orang selain Arab. "Pembeda kita hanya ketaqwaan," katanya.

Syeikh Iyad yang sempat berbicara di hadapan Masjid Babussalam Rawamangun, Jakarta ini menjelaskan Ramadhan adalah bulan spesial yang disiapkan Allah dalam satu tahun khusus bagi hamba Allah yang beriman.

Lebih lanjut, Syeikh Iyad yang dikenal banyak menulis karya ilmiah itu mengingatkan pentingnya persatuan umat yang sejatinya telah terkandung dalam segenap aktivitas ibadah yang Allah dan Rasul-Nya tentukan.

Terpopuler