Atasi Sembelit Saat Ramadhan dengan Cara Ini

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah

Senin 13 Jun 2016 15:01 WIB

Sembelit (ilustrasi) Foto: Boldsky Sembelit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan menjadi waktu untuk menjalankan ibadah puasa. Umat Muslim hanya dapat mengonsumsi makan saat waktu sahur dan berbuka. Karena perubahan pola makan tersebut, tidak sedikit orang yang mengalami penyakit pencernaan di bulan tersebut.

Maag, sakit perut dan sembelit menjadi penyakit yang biasa terjadi saat bulan Ramadhan. Selain itu, jeda waktu yang lama antara makan dan minum menjadi faktor yang memicu penyakit pencernaan tersebut.

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein dan serat saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini untuk mencegah gangguan pencernaan terutama sembelit yang dapat mengganggu jalannya ibadah puasa.

Dilansir Boldsky, ada sebuah resep minuman yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan penyakit sembelit saat Ramadhan.

Bahan-bahannya adalah satu sendok makan baking soda, dua sendok teh air jeruk nipis, satu gelas penuh air panas.

Campuran dari baking soda, air jeruk nipis dan air panas itu dapat bekerja membersihkan limbah dan racun yang tersumbat di usus. Air panas dapat melarutkan sampah yang mengeras di usus sehingga lebih mudah untuk buang air besar. Kombinasi air jeruk nipis dan baking soda bisa menetralkan kadar asam dalam perut sehingga mengurangi maag dan sembelit.

Metode yang digunakan adalah dengan memanaskan air dalam panci sampai mendidih. Setelah itu tambahkan satu sendok teh baking soda dan dua sendok teh air jeruk nipis. Panaskan kedua bahan tersebut dalam air panci tadi dan ramuan pun siap diminum. Disarankan untuk meminum ramuan tersebut saat sahur atau berbuka puasa untuk mengobati masalah sembelit.

Terpopuler