Komunitas Sunda Ajak TKI Qatar Buka Puasa Bersama

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 13 Jun 2016 10:40 WIB

Ilustrasi Buka Puasa Bersama Foto: dok. Republika Ilustrasi Buka Puasa Bersama

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Komunitas Baraya Sunda Qatar (BSQ) mengajak TKI bermasalah yang umumnya didominasi Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang berada di Transit House KBRI Doha untuk buka puasa bersama, sebagai salah satu wujud solidaritas.

"Bagi KBRI, takjil merupakan rangkaian acara buka puasa komunitas diaspora Indonesia yang berjumlah 50 ormas, tersebar di seluruh kota di Qatar," kata Counsellor KBRI Doha, Boy Dharmawan kepada Antara London, Senin (13/6).

BSQ yang bernaung di bawah Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) dipimpin Edwin Kurniawan, sedangkan para TKI bermasalah itu merupakan TKW yang melarikan diri dari majikan dan berada di penampungan sementara untuk menunggu proses pemulangan setelah memperoleh hak-haknya.

Bidin yang merupakan wakil Permiqa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dubes Sidehabi yang memulai tradisi berbagi dengan WNI di penampungan. "Harus diakui tidak semua WNI yang beruntung di Qatar, namun tugas moril kita sebagai sesama Muslim memberikan semangat dan motivasi kepada TKI bermasalah agar selalu tabah," ujar Bidin yang juga pengurus BSQ.

Acara buka puasa bersama yang dihadiri keluarga besar KBRI Doha bersama 200 orang ini diwarnai dengan suasana canda dan tawa dengan percakapan Urang Sunda yang tipikal suka ngebodor. "Suasana kekeluargaan dan kemeriahan acara seperti pesta kawinan di kampung", kata Ketua BSQ, Ade Sanjaya.

Para TKW yang umumnya berasal dari Jawa Barat tampil bersolek, dengan khusyuk mengikuti ibadah dan saat mendengarkan ceramah Ustaz Fuadi yang kadang penuh candaan khas Parahiyangan mereka pun larut dalam suasana seakan berada di kampung halaman.

Hidangan buka puasa berasal dari kontribusi komunitas BSQ yang merupakan wakil dari berbagai kota seperti Wakrah, Alkhor, Messaid, Duhkan dan Doha dengan menu khas Sunda seperti nasi tumpeng yang berisi lalapan, empal, sambal, pepes, tahu, tempe, ikan goreng, dan masakan khas Sunda lainnya.

Dubes RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi, mengapresiasi upaya komunitas BSQ dalam kegiatan amal di bulan Suci Ramadhan dengan para TKI. Dubes mendorong komunitas lainnya menunjukkan empati terhadap penderitaan TKI bermasalah mengingat mereka berjuang dan berkorban menghidupi keluarganya di Tanah Air.

"Kegiatan BSQ patut dijadikan contoh sebagai wujud persaudaraan bagi saudara yang kurang beruntung. Semoga mereka (TKW) bisa merasakan sedikit kasih sayang agar dapat merasakan kebahagian" ungkap Muhammad Basri Sidehabi.

Terpopuler