Tips Membuat Olesan Nastar yang Mengkilap

Red: Andi Nur Aminah

Senin 13 Jun 2016 08:06 WIB

Mengoles nastar Foto: Yasin Habibi/Republika Mengoles nastar

REPUBLIKA.CO.ID, Nastar alias nanas tar adalah salah satu kue kering favorit saat Hari Lebaran tiba. Kue berbentuk bulatan dan berisi selai nanas ini nyaris selalu ada mengisi toples kue keluarga di Indonesia saat lebaran.

Banyak yang ingin mencoba membuat sendiri nastar karena berbagai resepnya pun mudah ditemui dan berseliweran di dunia maya. Ada yang sukses menghasilkan tekstur nastar yang lembut, lumer di mulut, manisnya pas, serat selai nanasnya terasa, juga penampilannya kinclong, mulut tanpa retak. Nah, apa rahasianya?

Dari kelas Bogasari Baking Center yang digelar beberapa waktu lalu, ada sejumlah tips yang dibeberkan oleh instruktur kepala di Bogasari Baking Center (BBC) 'Puspita', Chairil IchwanChef Ichwan. Salah satunya adalah bagaimana membuat olesan nastar yang mengkilap dan tidak retak-retak.

Dia mengungkapan, bahan yang dibutuhkan untuk olesan nastar adalah kuning telur, susu kental manis atau bisa juga madu, dan minyak goreng. Komposisi ini akan saling mengikat dan membuat permukaan nastar yang dipoles akan kuat dan mengkilat. "Kuncinya, poles sebanyak dua kali," ujarnya.

Polesan tersebut diaplikasikan menggunakan kuas di seluruh permukaan bulatan nastas. Sebelum dipoles, nastar yang sudah dibulat-bulatkan dipanggang terlebih dahulu selama sekitar 15 menit, lalu angkat dan dinginkan. Setelah dingin, proses polesan dilakukan sebanyak dua kali. Lakukan dari satu sisi terlebih dahulu hingga seluruh nastar dalam loyang selesai, kemudian oles kembali dari awal hingga seluruhnya dipoles. Setelah itu dibakar kembali selama delapan hingga 10 menit dengan suhu 160 derajat Celsius.

Terpopuler