Jelang Mudik, DLLAJ Kota Bogor akan Periksa Bus

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah

Ahad 12 Jun 2016 15:40 WIB

Terminal Baranangsiang Foto: aktual.co Terminal Baranangsiang

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menjelang arus mudik Lebaran 2016, Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor akan melakukan uji kelayakan angkutan. Salah satunya terhadap armada bus yang biasanya menjadi pilihan transportasi mudik.

"Kami akan melakukan pemeriksaan armada bus di masing-masing pool dan agen bus terutama yang melayani Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)," kata Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor DLLAJ Kota Bogor Anwar Sulaiman, Ahad (12/6).

Dia menjelaskan, untuk armada jenis lainnya DLLAJ Kota Bogor akan melakukan pemeriksaan di Terminal Bus Baranangsiang. Termasuk juga pemeriksaan lain dengan mendirikan posko terpadu. "Selain pemeriksaan terhadap armada bus, kami juga akan memeriksa kesehatan dan tes urine kepada para awak busnya dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kota Bogor," jelas Anwar.

Menurutnya, hal tersebut sebagai langkah antisipasi yang bisa dilakukan menjelang arus mudik. Dengan begitu, Anwar mengatakan bisa memberikan keamanan untuk sopir dan para pemudik.

 

Pelaksanaan pemeriksaan kendaraan rencananya akan dilakukan pada H-14 lebaran sampai H+7 lebaran. Pemeriksaan armada untuk aktivitas mudik juga menjadi salah satu agenda rutin.