Ramadhan Bertabur Keistimewaan, Harus Dimaksimalkan

Red: Irwan Kelana

Ahad 12 Jun 2016 11:52 WIB

Ustadz Muhammad Arifin Ilham memberikan tausiyah zikir di Banda Aceh seusai shalat Shubuh. Foto: Dok Azzikra Ustadz Muhammad Arifin Ilham memberikan tausiyah zikir di Banda Aceh seusai shalat Shubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Ramadhan bulan istimewa yang Allah siapkan untuk orang-orang beriman. “Ramadhan mempunyai  banyak sekali keistimewaan. Sudah seharusnya berbagai keistimewaan Ramadhan itu dimaksimalkan oleh setiap Mukmin,” kata Pimpinan Majelis Azzikra Ustadz Muhammad Arifin Ilham dalam broad cast yang dikirimkan kepada Republika, Ahad (12/6).

Ustadz Arifin menyebutkan, Ramadhan merupakan satu-satunya nama bulan dari 12 bulan yang disebut dalam Alquran, surah Al Baqarah 185.  Selain itu, kata Arifin, Ramadhan disebut sayyidus syuhuuri, artinya rajanya bulan.

 “Ramadhan merupakan bulan diwajibkan shaum sebulan penuh. Ada shalat sunnah Tarawih yang sangat utama. Bulan turunnya Alquran. Bulan yang ada malam sangat dirindukan, Lailatul Qodri,” tutur Arifin.

Di samping itu, kata Arifin, Ramadhan merupakan bulan yang siang malamnya doa sangat mustajab. “Ramadhan bulan dibukanya pintu surga. Bulan ditutupnya pintu neraka. Bulan dibelenggunya setan. Bulan wajib setiap individu Muslim berzakat fitrah,” paparnya.

Arifin menambahkan, Ramadhan merupakan bulan nilai amal ibadahnya dikali 70 kali lipat. “Bulan hidupnya semangat dakwah. Bulan kemesraan keluarga, sahur bersama. Bulan ukhuwah, shalat berjamaah, buka puasa bersama. Bulan i'tikaf di masjid. Bulan semangat ibadah dan amal shaleh,” ujar Arifin.

Masih banyak keistimewaan lain bulan Ramadhan. “Ramadhan merupakan bulan kedermawanan. Bulan tarbiyyah, dididik taat 24 jam sebulan penuh. Bulan rahmat dan ampunan. Bulan maaf maafan, lapang hati. Bulan muhasabah diri,” kata Arifin.

Arifin menambahkan lagi, Ramadhan juga merupakan bulan hati terasa dekat sekali dengan Allah. “Bulan hati terasa rindu kepada Rasulullah. Bulan yang membuat hati terenyuh, mudah menangis karena  Allah. Bulan taubat, dan taubat di bulan ini diterima Allah. Bulan gembira faqir miskin. Bulan tarbiyyah untuk menjadi hamba-Nya yang bertakwa,”  tutur Ustadz Muhammad Arifin Ilham.

Terpopuler