Warga Padati Operasi Pasar di Jaksel

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Damanhuri Zuhri

Ahad 12 Jun 2016 07:03 WIB

Warga membeli ayam potong murah di stand Forum Masyarakat Pengunggasan Indonesia (FMPI) bersamaan dengan Gelar Pangan Murah Kementerian Pertanian di Pasar Bendungan Hilir, Ahad (5/6). (Republika/Wihdan) Foto: Republika/Wihdan Warga membeli ayam potong murah di stand Forum Masyarakat Pengunggasan Indonesia (FMPI) bersamaan dengan Gelar Pangan Murah Kementerian Pertanian di Pasar Bendungan Hilir, Ahad (5/6). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puluhan warga‎ memadati operasi pasar yang digelar Kementerian Pertanian di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Warga rela mengantri demi mendapatkan sembako dengan harga miring.

Yuliati (43), salah satu warga Pejaten Raya mengatakan, dirinya sudah mengantri sejak pukul 05.30 WIB. Dia melihat ada operasi pasar di sebelah jalan, dan langsung menunggu sampai operasi pasar dibuka. "Habis belanja di Pasar Minggu. Pas lewat mau ada operasi pasar langsung nunggu aja. Kan lumayan murah," ujar Yuliati, Ahad (12/6).

Yuliati pun menyempatkan untuk membeli satu kilogram daging beku seharga Rp 75 ribu per Kg dan satu Kg bawang dengan harga Rp 25 ribu per Kg. "Bawang sekilo aja, kan ga tahan lama," kata dia.

Hal serupa dilakukan Harry (34). Harry menyebutkan pihaknya cukup terbantu dengan adanya operasi pasar. Sebab harga bawang dan daging sapi yang dijual di pasar masih tinggi.

Untuk daging sapi masih berada di harga Rp 110-120 ribu per Kg, sedangkan bawang merah Rp 35-40 ribu per Kg. "Operasi pasar di sini sering. Sebelum ini juga ada operasi pasar. Jadi murah dan harganya lebih terjangkau," kata dia.

Dalam operasi pasar kali ini, Kementan menjual daging sapi beku dengan harga Rp 75 ribu per Kg, bawang Merah Rp 25 ribu per Kg, cabe merah Rp 18 ribu per Kg, beras Rp 7500 per Kg.

Kementan juga menjual dalam bentuk Paket sembako seharga Rp 25 ribu per paket. Satu paket sembako berisi dua Kg beras, satu liter minyak goreng, satu Kg Gula pasir, dan tiga bungkus mie instan.

Kementan‎ melakukan operasi pasar di dua titik di Jakarta Selatan. Titik pertama di sekitaran Pasar Minggu dekat dengan Kantor Ditjen Holtikultura. Selain di Pasar Minggu, Kementan mengadakan operasi pasar di sekitaran Pasar Cipete, Jakarta Selatan.

Terpopuler