Ini Contoh Menu Berbuka yang Hemat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah

Sabtu 11 Jun 2016 19:51 WIB

Kolak biji salak Foto: Dok Kolak biji salak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk berbuka puasa, ada baiknya pilih menu yang sederhana untuk menghemat bujet. Karena kita tahu, saat puasa bujet bisa membengkak jika tidak menahan nafsu belanja atau makan enak.

Chef Nurofik dari Modena menjelaskan untuk menu berbuka puasa tak perlu yang mahal dan sulit membuatnya. Jika ingin buka puasa yang hemat, Anda bisa pilih masakan Indonesia. Untuk takjil atau menu pembuka, bisa pilih kolak. Bisa membuat kolak pisang campur ubi. Misalnya beli saja pisang satu sisir, ubi setengah kilo, 300 mililiter santan instan, 200 gram gula merah dan siapkan air satu liter juga daun pandan tiga lembar.

Untuk membuatnya mudah, tinggal potong pisang dan ubi sesuai selera. Kemudian didihkan air. Masukkan ubi, setelah ubi matang masukkan pisang. Masukkan gula merah yang sudah diiris dan direbus sebelumnya. Lalu masukkan santan. Masak hingga matang. Jangan lupa tambahkan daun pandan untuk menambah rasa dan aroma. Rasanya tentu saja manis dan gurih.

“Menu pembuka kolak pisang ubi ini murah, dan bisa dinikmati sekeluarga. Masaknya juga sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama,” ujarnya kepada Republika.co.id dalam acara FUNancial Clinic dan Cooking Classes di Modena Experience Center, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, pilihan lainnya selain kolak untuk takjil adalah es blewah. Cara membuatnya juga mudah. Siapkan blewah yang sudah diserut tinggal ditambahkan air dan gula juga es. Rasanya segar dan nikmat.

Sementara untuk menu utama, bisa membuat masakan rumahan sederhana. Misalnya sup bening yang terdiri dari wortel, kentang, buncis, kol, daun bawang dan tomat. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan potongan daging ayam juga kaldunya. “Ini murah dan mudah membuatnya,” jelasnya pengajar di Jakarta Culinary Center ini.

Bukan hanya itu, sayur bayam pun bisa jadi pilihan. Cara membuatnya sederhana dan cepat. Selain itu sayur bayam ini hemat. Tinggal ditambahkan jagung manis di dalamnya pun sudah terasa nikmat.

Terpopuler