RICMA Kembali Gelar Ramadhan Jazz Festival 2016

Red: Heri Ruslan

 Sabtu 11 Jun 2016 01:54 WIB

 Ramadhan Jazz Festival . Foto: Republika/Agung Supri Ramadhan Jazz Festival .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Remaja Islam Masjid Cut Mutia (RICMA) bakal menggelar Ramadhan Jazz Festival 2016 (RJF 2016) pada 17 hingga 18 Juni. Acara itu terbilang unik karena bakal dihelat di lingkungan Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat.

"Di bulan Ramadhan kita bisa berwisata dengan musik. Musisi yang akan hadir juga dari berbagai daerah dan punya nama bahkan kami publikasikan lewat sosial media untuk di kenal di dunia. Silahkan berwisata sambil menikmati musik,” ujar Project Officer Ramadhan Jazz Festival, Deo Saputra dalam keterangannya, Jumat (10/6).

Menurut Deo, Ramadhan Jazz Festival ini memasuki tahun keenam. Mengusung tema "Harmony in Culture of Islam", Ramadhan Jazz Fastival hadir sebagai sarana dakwah untuk mengajak masyarakat, khususnya para remaja muslim untuk meningkatkan kecintaan pada agama Islam dan memperkuat jalinan tali silaturahmi.

Acara yang akan dilaksanakan di pelataran parkir Masjid Cut Mutia ini juga akan dimeriahkan oleh musisi kenamaan dalam negeri. Mulai dari musisi Jazz beda generasi, Barry Likumahuwa dan Idang Rasjidi, Ecoutez, Oele Pattiselanno. "Jazz merupakan musik yang paling bisa membaur dengan anak muda sekarang dan bersinergi dengan hal apapun,” ungkap Deo.

Digelar setelah salat tarawih hingga pukul 00.00 WIB, acara ini juga diisi dengan aksi sosial berupa donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI), penggalangan dana juga akan dilakukan melalui infak. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk memperbaiki sekolah. ”Kita targetkan tahun ini 10-12 ribu pengunjung," pungkasnya.

Menurut Deo, Ramadhan Jazz Festival merupakan laboratorium hidup generasi muda untuk belajar dan saling menginspirasi anak-anak muda lainnya. RJF merupakan gagasan WartaJazz, sebuah eco-system jazz Indonesia yang juga menyelenggarakan sejumlah Festival Jazz lain seperti Mahakam Jazz Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta, Bali Jazz Festival dan berbagai kegiatan lainnya.

Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) merespons tawaran Wartajazz sebagai penyelenggara Ramadhan Jazz Festival sejak tahun 2010, lalu dilanjutkan dengan membuat komitmen kerjasama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak-anak muda. Pada 29 Mei lalu, untuk menyambut bulan suci Ramadhan, RICMA juga mengajak kawula muda dan dewasa pecinta olahraga lari untuk mengikuti Run To Mosque yang terbagi dalam kategori jarak 100 K, 150K dan 210 K.

Masjid Cut Meutia terletak di Jalan Cut Meutia No 1 Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini merupakan salah satu peninggalan dari zaman penjajahan kolonial. Sebelum difungsikan sebagai mesjid sebagaimana sekarang, bangunan ini pernah digunakan sebagai kantor pos, kantor Jawatan Kereta Api Belanda dan kantor Kempetai.

Masjid Cut Meutia juga memiliki arsitektur yang unik. Mihrab dari masjid ini diletakkan di samping kiri dari saf salat (tidak di tengah seperti lazimnya). Selain itu posisi safnya juga terletak miring terhadap bangunan masjidnya sendiri karena bangunan masjid tidak tepat mengarah kiblat.

Menpar Arief Yahya menjelaskan saat ini lagu-lagu bernuansa ruhani, Islami dan bermuatan doa-doa itu sudah semakin banyak dan menemukan marketnya. Pada saat Ramadhan dan Lebaran, adalah waktu yang biasa digunakan untuk melaunching karya-karya musisi kita. Selama ini banyak yang nge-boom, karena bidikan pasarnya pas, ketika mereka yang sedang menjalani ibadah puasa.

Ia menilai timing sebagai sebuah hal yang penting. “Di Pop banyak yang sukses selama ini. Ada Opick, Gita Gutawa, Hadad Alwi, Ungu, Gigi, dan lainnya. Generasi dulu ada Bimbo, yang lagu-lagunya selalu nge-hits di bulan Ramadan. Jadi, silakan berkreasi, sukses hidupkan Bulan Ramadan,” ungkap Menpar.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X