Persiapan Jalur Mudik Kabupaten Bandung Rampung pada H-10

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Jumat 10 Jun 2016 16:45 WIB

Jalur Nagreg Foto: Antara Jalur Nagreg

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persiapan jalur mudik di Kabupaten Bandung bakal rampung pada 10 hari sebelum lebaran. Jalur selatan Kabupaten Bandung yang bisa menembus ke Garut dan timur di Nagreg, pun sudah dalam proses perbaikan saat ini. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira mengatakan pihaknya tengah berkoodinasi dengan unsur-unsur terkait, seperti kepolisian dan kodim. "Kami sedang koordinasi, jadi nanti akan ditarik lagi, ke tingkat Muspida, polres, bupati, dan kodim," ujar dia, Jumat (10/6).

Koodinasi tersebut, kata Sofian, membahas perihal arus mudik termasuk perbaikan jalan yang bakal menjadi jalur mudik. Lanjut dia, saat ini perbaikan jalan pun sudah dimulai dan akan selesai pada 10 hari sebelum lebaran. "Sudah dimulai. Dinas Bina Marga menyatakan H-10 itu sudah selesai (perbaikannya) sehingga bisa dilalui," ujar dia.

Terlebih, Sofian mengakui, kebanyakan jalur mudik nanti adalah jalan milik provinsi dan nasional. Karena itu, kondisi jalan sudah dalam kondisi bagus. "Jalur mudik mah sudah siap. Karena juga kebanyakan milik provinsi dan nasional," ujar dia.

Untuk jembatan Cukang Monteng di Kecamatan Ibun yang dibangun Pemkab Bandung, kondisinya juga sudah siap dilalui. Kepala Bidang Jalan Dinas PU Bina Marga Kabupaten Bandung Zeis Zultaqawa menuturkan, jalan yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut ini telah melewati uji kelaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.   

"(Jembatan) Cukang monteng juga sudah siap. Sudah diuji kelaikan juga. Jadi bisa menjadi jalur alternatif menuju arah Garut," kata dia.

Selain itu, jalan yang mengarah dari Kecamatan Rancabali ke kecamatan Cidaun, Cianjur, pun sudah dalam kondisi baik. Namun, kondisi jalan yang bagus ini dipastikan hanya sampai perbatasan Naringgul karena itu adalah jalan milik Kabupaten Bandung. 

Terpopuler