2016, RZ Targetkan Bantu 500 Ribu Penerima Manfaat Keluar dari Kemiskinan

Red: Rahmat Santosa Basarah

Jumat 10 Jun 2016 11:10 WIB

Siswa Penerima Manfaat RZ Siswa Penerima Manfaat RZ

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA. Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) memiliki peran dalam upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia. Di tahun 2015, sebanyak 215.885 penerima manfaat terbantu dari serangkaian program pemberdayaan yang dilakukan RZ di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan yang didanai oleh ZIS. Untuk tahun ini, RZ menargetkan untuk membantu 500.000 penerima manfaat yang tersebar di 723 kelurahan dari Aceh hingga Papua.

 
“Menurut data BPS, jumlah penduduk miskin di Indonesia sekitar 28,6 juta jiwa atau setara dengan 11,66% dari populasi di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan bagi kami untuk memberikan kontribusi dalam penurunan kemiskinan melalui pengelolaan dana ZIS,” ungkap CEO RZ Nur Efendi dalam siaran pers yang diterima Republika Jumat (10/6)

 
Rumpun program RZ yang utama adalah di bidang pendidikan, kesehatan, serta pemberdayaan ekonomi. Seluruh program ini menjadi instrumen untuk memastikan zakat bisa memberikan dampak pengentasan kemiskinan yang maksimal. Program pendidikan direalisasikan diantaranya melalui pendirian Sekolah Juara yakni sekolah gratis dan berkualitas, serta beasiswa pendidikan untuk anak asuh dari jenjang pendidikan SD hingga SMA.
 
“Target RZ adalah untuk bisa memberdayakan 20.000 anak asuh sepanjang tahun 2016. Ini setara dengan kontribusi senilai 0,05% Angka Partisipasi Sekolah (APS) dari total 40,5 juta siswa SD hingga SMA di Indonesia,” ujar Efendi.
 
Di bidang kesehatan RZ mendirikan unit layanan Rumah Bersalin Gratis (RBG) untuk berkontribusi terhadap jumlah kelahiran yang dibantu oleh tenaga medis. “RZ mentargetkan 2.880 layanan persalinan terealisasi di tahun 2016. Jumlah ini setara dengan 0,06% dari total persalinan yang dibantu oleh tenaga medis di Indonesia. Angka ini menjadi output pemberdayaan yang sumber utamanya adalah dari dana zakat yang dikelola oleh RZ,” papar Efendi.
 
RZ juga mengelola zakat agar bisa memberikan kontribusi melalui program-program yang berorientasi peningkatan nutrisi makanan berupa pemberian makanan tambahan untuk anak-anak asuh serta masyarakat secara umum. Dikaitkan dengan upaya pengentasan kemiskinan, ini menjadi bagian upaya untuk meningkatkan nilai Garis Kemiskinan Makanan (GKM) para penerima manfaat program.
 
 
Pemberdayaan di Bulan Ramadhan
 
Di bulan Ramadhan ini, RZ meluncurkan program Senyum Ramadhan dengan tujuan membantu 170.000 penerima manfaat yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Adapun program senyum Ramadhan tersebut antara lain Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga, dan Syiar Quran.
 
“Tentunya tren penghimpunan dana ZIS di bulan Ramadhan mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan bulan lain. Sehingga program pemberdayaan masyarakat di bulan Ramadhan lebih optimal dalam menjangkau penerima manfaat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia,” ujar Chief Program Officer RZ Heny Widiastuti.
 
Menurut Heny, di hari kedua Ramadhan 1437 H ini, RZ telah menyalurkan 1.092 paket Berbagi Buka Puasa, 40 paket Kado Lebaran Yatim, 5 paket Berbagi Kado Lebaran, dan 39 paket Syiar quran. “Jumlah tersebut akan terus bertambah karena penyaluran dilakukan setiap hari hingga H-1 Idul Fitri,” ungkap Heny.
 
Kemudahan Berbagi di Bulan Suci
 
Platform crowdfunding yang digarap oleh RZ di web www.sharinghappiness.org merupakan salah satu komitmen inovasi dan kemudahan untuk berbagi yang ditawarkan di tahun 2016 ini. Di situs ini, pengunjung dapat berdonasi untuk zakat, infak, maupun program sosial kemanusiaan lainnya.
 
“Selain itu, para donatur pun dapat membayar ZIS melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh di Playstore, Appstore, dan Appworld. Harapannya media pembayaran baru ini bisa menjadi katalis semakin banyak dana zakat yang terhimpun, sehingga bisa semakin nyata memberikan kontribusi terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia,” ujar Chief Marketing & Fundraising RZ, Asep Nurdin.
 

Terpopuler