Jamaah Umrah Disambut Meriah di Bandara King Abdul Aziz

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 10 Jun 2016 08:39 WIB

Jamaah haji Indonesia sedang menunggu koper di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah Foto: Heri Ruslan/Republika Jamaah haji Indonesia sedang menunggu koper di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Ada perlakuan spesial yang akan diterima jamaah umrah di Bandara King Abdul Aziz. Selama Ramadhan, mereka yang datang akan mendapatkan sambutan meriah.

Staf Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi, Saad Al Ghamdi, menuturkan pihaknya mendirikan tenda khusus Ramadhan di terminal haji. Ia mengatakan sambutan kepada jamaah umrah ini merupakan tradisi Kerajaan Arab Saudi yang menerima tamu dengan terbuka.

"Orang-orang akan menyambut tamu, terutama jamaah haji dan umrah dengan hati terbuka," kata Al Ghamdi, seperti dilansir Arab News, Jum'at (10/6).

Ia menerangkan, tenda sambutan Ramadhan ini akan terus berdiri dan menyambut kedatangan jamaah umrah, sepanjang bulan suci Ramadhan. Bandara King Abdul Aziz diperkirakan menerima empat-lima ribu jamaah umrah setiap delapan jam sekali.

Salah satu jamaah umrah asal Indonesia, Rahma Basonni, mengungkapkan rasa senangnya dengan sambutan hangat tersebut. Walau baru pertama mengunjungi Arab Saudi, ia berpendapat sambutan merupakan gambaran tentang keramahan yang selama ini dibicarakan.

"Ini bukti keramahan yang selama ini sering saya baca dan dengar dari orang-orang," ujar Rahma.

Jamaah umrah asal Indonesia lain, Fachruddin Mangunjaya, bahkan mengaku kewalahan dengan kalung bunga yang diberikan kepadanya. Selain itu, ia juga mendapatkan sejumlah hadiah lain serta hidangan untuk berbuka puasa.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah Arab Saudi atas sambutan seperti ini," kata Fachruddin.

Terpopuler