Five Vi, Sehat Luar Dalam Karena Puasa

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari

Kamis 09 Jun 2016 15:31 WIB

Five Vi Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Five Vi

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu penyebab timbulnya sakit maag ialah asam lambung yang meningkat ketika perut kosong. Oleh karena itu, ibadah puasa terkadang menjadi dilema tersendiri bagi penderita maag. Tetapi, tidak bagi aktris cantik Five Vi.

Salah satu yang membuat Five Vi tak ragu untuk berpuasa di bulan Ramadhan meski memiliki riwayat penyakit maag ialah kebiasaannya puasa Senin-Kamis. Aktris film Cintaku Selamanya ini merasakan penyakit maag yang ia derita hilang setelah rutin menjalani puasa sunnah Senin-Kamis.

"Aku ada maag, Alhamdulillah pulih sendiri," kata Five Vi, beberapa waktu lalu.

Membiasakan diri berpuasa sunnah juga membantu Five Vi lebih baik dalam mengendalikan nafsu makannya. Dengan begitu, ia cukup mudah terhindar dari makan berlebih yang mungkin dapat memberikan dampak tak menyehatkan bagi tubuhnya.

Di samping menyehatkan tubuh, Five Vi juga merasa bahwa kebiasaan berpuasa juga dapat menyehatkan jiwa dan mental. Pasalnya, berpuasa dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan tidak gegabah.

Salah satu manfaat berpuasa bagi jiwa yang paling dirasakan Five Vi ialah kemudahan untuk menahan emosi. Melalui berpuasa, Five Vi merasa ia menjadi lebih mudah meredam emosi dan tidak meluapkan emosi secara berlebihan ketika merasa marah.

"Kalau mau marah jadi kayak malu, karena sedang berpuasa," lanjut Five Vi.

Berpuasa juga membuat jiwa Five Vi terasa lebih tentram. Pasalnya, melalui berpuasa Five Vi merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Jawaban atas doa-doa yang ia panjatkan, lanjut Five Vi, terasa lebih mudah ia dapatkan setelah rutin menjalani ibadah puasa.

"Doa-doa yang saya panjatkan terasa lebih mudah diberikan jalannya," lanjut Five Vi.

Terpopuler