Shalat Berjamaah Membeludak Hingga ke Halaman Masjid

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah

Kamis 09 Jun 2016 15:19 WIB

Umat Islam melaksanakan shalat berjamaah. Foto: Republika/Wihdan H Umat Islam melaksanakan shalat berjamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid menjadi lokasi favorit menghabiskan waktu saat Ramadhan. Bahkan, tak sedikit jamaah yang membanjiri masjid di siang hari.

Seperti di Masjid Sahid Nurul Iman. Pada awal-awal bulan suci Ramadhan ini, masjid yang terletak di perkantoran Sudirman atau tepat di belakang Hotel Grand Sahid Jaya ini padat dipenuhi jamaah.

Saat pelaksanaan shalat Zhuhur dan Ashar, jamaah harus shalat hingga bagian halaman masjid. Bahkan, jamaah shalat Zhuhur dan Ashar di Masjid Sahid Nurul Iman bisa dibilang lebih banyak dari shalat Jumat pada hari-hari biasa.

Salah satu jamaah yang melaksanakan shalat berjamaah, Fian (26), mengungkapkan kekagumannya melihat banyaknya jamaah. Ia beserta banyak jamaah lain sampai harus menunggu di luar untuk bergantian melaksanakan shalat Ashar.

"Belum bisa masuk, ini nunggu kloter pertama selesai," kata Fian kepada Republika.co.id, Rabu (8/6).

Masjid Sahid Nurul Iman sendiri memang berada di tengah-tengah perkantoran Sudirman dan sering menjadi pilihan utama pelaksanaan shalat. Namun, biasanya masjid tersebut hanya ramai saat pelaksanaan shalat Maghrib, dan itu pun tidak sampai membeludak ke halaman masjid.

Baca juga, Giatkan Ibadah Ramadhan Bersama Karyawan.

Walau cuma berlantai dua dan tergolong masjid berukuran kecil, Masjid Sahid Nurul Iman terbilang salah satu masjid yang unik dari segi arsitektur. Salah satu bagian masjid yang paling menarik perhatian tentu kolam yang dilengkapi air mancur di bagian paling depan saf.

Posisi imam pun terbuka dan menjorok ke kolam tersebut, berdampingan dengan posisi mimbar. Lengkungan bulat tidak sempurna yang mengitari posisi imam sangat cantik merangkai kalimat tauhid di dinding paling depan.

Komponen sisi masjid yang didominasi kaca berpadu dengan cat putih membuat pencahayaan dan suasana terang alami memenuhi masjid. Maka itu, tidak salah jika Masjid Sahid Nurul Iman menjadi salah satu lokasi favorit pekerja sekitar untuk melaksanakan shalat.

Terpopuler