Menjaga Waktu Berkualitas Bersama Keluarga Saat Ramadhan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Ilham

Kamis 09 Jun 2016 08:00 WIB

Menjelang Ramadhan, bukan hanya hati yang perlu dibenahi urusan keuangan keluarga juga perlu jadi perhatian. Foto: Republika/Prayogi Menjelang Ramadhan, bukan hanya hati yang perlu dibenahi urusan keuangan keluarga juga perlu jadi perhatian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan momen penuh berkah dan kebersamaan yang sangat dinanti oleh keluarga Muslim. Selain menjadi momen meningkatkan kualitas iman dan takwa, Ramadhan selalu identik dengan momen berkumpul dan mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.

Sayangnya, tak jarang harapan untuk menciptakan waktu berkualitas (quality time) bersama keluarga selama Ramadhan tersebut mendapati berbagai kendala. Di tengah kesibukan sebagai masyarakat yang tinggal di perkotaan, waktu berkualitas adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Terlebih jika tidak ada komitmen kuat untuk mewujudkannya.

Psikolog Elizabeth Santosa mengatakan, sebenarnya terdapat beragam aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk menghadirkan waktu berkualitas bersama keluarga di rumah. Salah satunya adalah mempersiapkan menu berbuka sahur maupun puasa bersama.

"Memasak bersama menu sahur dan berbuka puasa yang melibatkan buah hati akan mempererat bonding (kedekatan) dan memberikan banyak manfaat edukasi bagi si kecil," ujar Elisabeth dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, semalam.

Di sisi lain, sebagai aktivitas quality time, memasak bersama juga turut memberikan banyak keuntungan. Misalnya saja makanan menjadi lebih higienis karena dapat melihat sendiri proses pembuatannya.

Makanan juga bisa lebih sehat karena kita bisa memilih kualitas dari bahan-bahan yang digunakan dan juga lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli makanan di luar. "Memasak bersama anggota keluarga juga dapat menjadi komunikasi antarpersonal yang sangat berharga di tengah kesibukan akibat rutinitas," kata dia.

Terpopuler