Rahasia Turunkan Berat Badan Saat Ramadhan

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah

Kamis 09 Jun 2016 06:37 WIB

Perbanyak makan sayur dan buah saat sahur dan berbuka puasa Foto: Republika/Wihdan Hidayat Perbanyak makan sayur dan buah saat sahur dan berbuka puasa

REPUBLIKA.CO.ID, Bulan Ramadhan adalah bulan yang mewajibkan umat Muslim untuk melakukan ibadah puasa. Mereka hanya diperbolehkan makan sebelum matahari terbit (sahur) dan setelah matahari terbenam (buka puasa).

Karena  jeda yang cukup panjang dari sahur dan saat berbuka puasa, saat tiba waktu makan berbuka puasa,orang cenderung memanjakan perut dengan mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Dilansir Boldsky, ada beberapa tips yang dapat diikuti selama Ramadhan untuk menurunkan berat  badan. Apa sajakah itu?

Pastikan makan sahur dan buka puasa dengan menu sehat dan seimbang.

Hindari memakan makanan yang terlalu pedas dan berminyak. Perbanyaklah konsumsi sayuran, buah-buahan dan daging tanpa lemak.

Hindari melewatkan sahur

Sahur merupakan makanan pertama yang akan menjaga stamina tubuh seharian. Jika melewatkan makanan ini dapat memperlambat tingkat metabolisme dan melemahkan kapasitas pembakaran lemak tubuh.

Mengonsumsi banyak air

Pastikan untuk mengonsumsi banyak air dan jus buah-buahan selama dua kali makan. Hal ini untuk menghindarkan diri dari dehidrasi yang mengganggu metabolisme dalam menurunkan berat badan.

    

Makan makanan tinggi protein dan kadar serat

Mengonsumsi makanan tinggi protein dan kadar serat terutama saat berbuka puasa dapat memperlancar proses metabolisme sepanjang malam untuk membantu membakar kalori.

Tetap aktif sepanjang hari

Saat menjalankan puasa, tubuh akan cenderung mudah merasa lelah. Namun, dengan melakukan latihan ringan seperti berjalan, push up, sit up dan latihan lain akan mempercepat proses penurunan berat badan.

Hindari makan manisan

Saat berbuka puasa, makanan dan minuman yang dihidangkan akan identik dengan yang manis. Untuk memperlancar program penurunan berat badan, gantilah manisan dengan kurma, buah-buahan, atau jus.

Pengendalian diri

Makanan yang dihidangkan saat berbuka puasa atau sahur cenderung lebih banyak dibanding hari-hari biasanya. Tetap konsumsi makanan yang sehat dalam porsi sedang untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.

Terpopuler