Gojek Luncurkan Fitur Edisi Ramadhan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 08 Jun 2016 22:41 WIB

Layanan ojek berbasis aplikasi, Gojek (ilustrasi). Foto: Republika/Yasin Habibi Layanan ojek berbasis aplikasi, Gojek (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gojek, sebagai salah satu penyedia jasa ojek online, memanfaatkan momen Ramadhan untuk berbagi kebaikan kepada sesama, termasuk kepada para mitra driver-nya.  Penyedia aplikasi layanan on-demand terbesar di Indonesia ini meluncurkan program Ramadhan Bersama Gojek.

Chief Marketing Officer Gojek Indonesia Piotr Jakubowski memaparkan program ini bertujuan mendukung dan memudahkan masyarakat berbuat kebaikan dan berbagi selama Ramadhan. Menurutnya, tujuan dari program ini sejalan dengan misi Gojek memberikan kemudahan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari melalui inovasi dan solusi teknologi, serta memberdayakan para pelaku usaha disektor informal.

“Dengan beragam fitur di aplikasi kami, Gojek telah mewarnai dan membantu berbagai kebutuhan masyarakat. Ini yang akan terus kami jaga dan bahkan tingkatkan selama di bulan Ramadhan. Kami berharap program spesial Ramadhan ini dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi customer, namun juga bagi para driver, mitra bisnis Gojek dan masyarakat kebanyakan,” ujar Piotr dalam konferensi pers Ramadhan Bersama Gojek di Jakarta, Rabu (8/6).

Piotr mengatakan salah satu yang paling utama dalam program Ramadhan Bersama Gojek adalah hadirnya fitur Terima Kasih. Dengan fitur ini, pengguna Gojek bisa mengirimkan ucapan terima kasih yang akan langsung diterima oleh mitra driver di aplikasinya. “Kami berharap gesture sederhana ini bisa menyemangati driver kami dalam membantu pelanggan. Selain itu, pengguna juga akan diberi kesempatan memberikan tip kepada mitra kami melalui layanan Gopay,” kata Piort.

Tidak hanya menyediakan fitur spesial, Gojek juga akan melaksanakan inisiatif Go-Clean bersih-bersih 100 masjid. Dalam kegiatan ini, mitra Go-Clean yang telah berpengalaman akan membersihkan masjid secara sukarela. Termasuk masjid-masjid ikonik seperti masjid Istiqlal, masjid di sepanjang tol Jakarta-Cikampek serta masjid di Bandara Internasional Soekano Hatta, dan Halim Perdana Kusuma.

Tak ketinggalan, aplikasi Gojek juga tampil beda selama bulan Ramadhan sengan hadirnya tema Ramadhan di loading screen ketika membuka aplikasi, berubahnya icon mitra driver menjadi gambar ketupat, serta Go-food yang memasang tirai digital di aplikasinya seperti yang banyak dilakukan gerai makanan selama Ramadhan untuk menghargai customer yang sedang berpuasa.

Selama Ramadhan, pelanggan juga bisa ikut memberikan takjil gratis kepada mitra driver yang membantu mereka membeli makanan lewat Go-food. Selain itu, fitur ini juga hadir dengan kategori Buka Puasa dan Sahur untuk memudahkan customer mendapatkan santap buka puasa dan sahur tanpa harus keluar rumah atau kantor.

Gojek juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk membantu masyarakat menyalurkan barang bantuan melalui layanan Go-Send dan Go-Box, serta memfasilitasi masyarakat yang ingin memberi donasi melalui layanan Go-tix.

Chief Executif Officer Rumah Zakat Nur Efendi mengungkapkan, donasi yang terkumpul dari customer Gojek melalui layanan Go-Send dan Go-Box akan disalurkan kepada mereka yang  membutuhkan dan berhak di berbagai wilayah pemberdayaan binaan Rumah Zakat.

Customer dapat mendonasikan pakaian muslim, alat shalat, buku dan alat tulis, pakaian sekolah, dan sembako. Layanan ini berlaku bagi pelanggan yang berada di wilayah Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Makassar selama periode 6-30 Juni 2016.

“Penyaluran ini akan dilakukan melalui layanan Go-box sebagai mitra logistik resmi,” ujar Nur Efendi. Penyaluran dilakukan secara bertahap mulai dari 20 Juni hingga 30 Juli 2016.

Selain itu, para customer juga bisa memilih untuk memberikan donasi melalui Go-tix untuk berbagi program pemberdayaan yang dikelola Rumah Zakat seperti Sekolah Juara (sekolah gratis berkualitas), Rumah Bersalin Gratis dan pembinaan anak asuh. Bentuk donasi yang tersedia dilayanan Go-tix berupa donasi uang dan paket bingkisan.

Menurut Nur Efendi, donasi nantinya akan disalurkan ke beberapa kota seperti Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, Cilegon, Cimahi, Pekanbaru, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Subang dan Makassar.

Terpopuler