Mencoba Masakan Cina untuk Menu Berbuka

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Rabu 08 Jun 2016 15:06 WIB

Wok fried slice beef with black pepper sauce dari Gran Melia Jakarta. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Wok fried slice beef with black pepper sauce dari Gran Melia Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuka tak melulu harus dengan menu masakan Indonesia. Menu masakan Cina bisa menjadi salah satu pilihan.

Chinese Chef Gran Melia Hotel Jakarta, Eric Lau Hong Wei, menjelaskan menu masakan Cina juga bisa dijadikan pilihan untuk berbuka puasa. Salah satu menu andalan masakan Cina yang banyak dicari saat puasa adalah wok fried slice beef with black pepper sauce atau sapi lada hitam.

Menu ini terbuat dari daging sapi Australia yang menggunakan sisi bagian atas atau pinggul dan tenderloin. Dipadankan dengan parika merah dan hijau juga bawang bombai. Rasanya hmmm sangat nikmat, pedas dan gurih.

Sebelumnya, daging tersebut dimasak dan diberi bumbu selama dua jam. Bumbunya terdiri dari garam, chicken powder, gula, saute sauce, dan jus lemon. “Masak dan bumbui selama dua jam. Lebih dari dua jam lebih bagus," jelasnya kepada wartawan di Gran Melia Hotel Jakarta, belum lama ini.

Setelah itu panaskan minyak dan bumbu lainnya. Masak sampai matang 70 persen. Kemudian masukkan daging biar lebih juicy barulah tambahkan saus lada hitam.  Hasilnya memang mirip dengan menu sapi lada hitam. Rasanya manis dan pedas. Tampilan daging lebih dipermanis dengan taburan wijen dan hiasan daun seledri.

Selain menu tersebut di Restoran Tien Chao, ada juga menu yang bisa dimakan saat Ramadhan, diantaranya stir fried black shell mussels with gibg bao sauce, deep fried spinach bean curd with salt and pepper, roasted duck with cold jelly fish dan chilled sea coconut with lemon.

Terpopuler