Zumi Zola: Harga Daging Paling Tinggi Rp 140 Ribu/Kg

Red: Bilal Ramadhan

Rabu 08 Jun 2016 14:04 WIB

Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola. Foto: Republika/Raisan Al Farisi Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Gubernur Jambi Zumi Zola memastikan bahwa harga daging di pasar-pasar tradisional di Jambi selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri paling tinggi berada pada harga Rp 140 ribu per kilogram.

"Sudah ada pertemuan Pemprov Jambi dengan para pedagang daging, dan sudah ada kesepakatan harganya, sampai nanti H-2 dan H-1 harga daging tidak lebih dari Rp 140 ribu per kilogram," kata Zola, saat memantau operasi oasar (OP) oleh pemerintah di pasar tradisional Angsoduo Jambi, Rabu (8/6).

"Saat ini harga daging di pasar-pasar tradisional di Jambi terpantau Rp 120 ribu per kilogram, tapi nanti saya berusaha supaya bisa di bawah itu," katanya.

Zola mengungkapkan bahwa dirinya juga memantau harga daging sapi di daerah lain, seperti di Depok yang harganya kurang lebih seperti harga di Jambi.

 

"Saya juga memantau di daerah-daerah lain di luar Jambi, contohnya di Depok, kurang lebih Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu juga. Kita berharap bisa seperti arahan Presiden Jokowi, di bawah Rp 100 ribu per kg, tetapi kita lihat juga kondisi di lapangan seperti apa nantinya," katanya.

Zola juga mengatakan stok sapi di Jambi sudah tersedia sebanyak 212 ekor jika sewaktu-waktu dilakukan OP. "Tapi saya minta juga dukungan dari semua pedagang bahwa kestabilan harga ini harus dijaga oleh semua pihak. Ya, jangan sampai melonjak harganya, kasihan masyarakat kita," ujarnya pula.