Buah Nanas Paling Dicari Saat Ramadhan

Red: Esthi Maharani

Rabu 08 Jun 2016 10:15 WIB

Buah nanas Foto: pixabay Buah nanas

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Permintaan buah nanas di sejumlah pasar tradisional Kota Bogor Provinsi Jawa Barat selama bulan Ramadan 1437 Hijriah/2016 Masehi mengalami peningkatan signifikan. Per harinya, pedagang bisa menjual hingga 6.000 buah. Padahal, di hari biasa, penjualan buah nanas hanya 2.000 buah.

"Buah Nanas itu paling dicari selama Ramadan, tidak pernah putus, setiap hari ada yang beli karena banyak yang membutuhkan," kata Haji Ali, agen buah di Pasar Induk Jambu Dua Bogor, Rabu (8/6).

Tingginya kebutuhan akan nanas membuat permintaan meningkat, sehingga harga jualnya ikut naik. Sebelum Ramadan, harga nanas masih ada yang dijual Rp5.000 per biji untuk ukuran kecil, sedangkan ukuran besar Rp6.000 per biji. Tetapi sejak Ramadan nanas ukuran kecil dijual Rp6.000 dan besar Rp7.000 per buah.

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi atau sekitar 12 mg dalam 78 gram nanas. Nanas juga mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan karena mengandung antioksidan.

Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin, sehingga membuat bahan makanan menjadi basa. Karena itu, nanas dapat mengempukkan daging dengan meletakkan potongannya di atas.

Selain nanas, jenis buah lainnya yang paling banyak dicari oleh pembeli adalah timun suri, dan blewah.

Terpopuler