Jalur Mudik Selatan Jabar Perlu Tambahan PJU

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Friska Yolanda

Selasa 07 Jun 2016 17:14 WIB

  Sejumlah pengendara terjebak kemacetan di jalur Nagrek -Limbangan, Jawa Barat, Selasa (14/7).  (Republika/Rakhmawaty La'lang) Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Sejumlah pengendara terjebak kemacetan di jalur Nagrek -Limbangan, Jawa Barat, Selasa (14/7). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Jalur mudik selatan Jawa Barat yang melintasi Limbangan dan Malangbong Kabupaten Garut dinilai masih kekurangan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sejumlah warga yang kerap melintasi jalur tersebut berharap pihak yang bertanggung jawab segera menambah PJU untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

"Penerangan jalan itu penting, selain bisa untuk menghindari kecelakaan lalu lintas juga menghindari orang untuk berbuat jahat," kata salah seorang warga Garut yang kerap melintasi jalur Limbangan-Malangbong, Feri Purnama kepada Republika.co.id, Selasa (7/6).

Ia mengatakan, persoalan listrik untuk penerangan jalan dari dulu tidak pernah selesai. Meski sudah di pasang tiang untuk PJU, tapi masih ada saja lampunya yang tidak menyala. Kalau negara tidak bisa menyelesaikan masalah PJU, bagaimana menyelesaikan masalah yang lebih besar.

Seorang warga Garut lainnya Fani Ferdiansyah mengatakan, saat berangkat ke Bandung dari Garut pada malam hari melewati jalur Kadungora dan Leles nampak masih kurang PJU di titik-titik tertentu. Begitu pula jalur Malangbong dan Limbangan masih kekurangan PJU.

"PJU belum cukup, masih kurang apalagi di jalur-jalur alternatif," katanya.

Jalur mudik selatan Jawa Barat menghubungkan wilayah Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis sampai ke perbatasan Jawa Tengah. Saat melintasi wilayah Limbangan dan Malangbong, kontur jalannya banyak tikungan dan tanjakan serta turunan. Sehingga, diperlukan tambahan PJU di jalur tersebut untuk mengantisipasi terjadinya lakalantas serta kejahatan karena jalannya cukup sepi. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Wahyudijaya menerangkan, jalur Limbangan dan Malangbong masuk kategori jalan nasional. Mengenai sarana kelengkapan jalan tersebut kendalinya ada di Dirjen Perhubungan Darat. 

"Kami sudah koordinasi via dishub provinsi mengenai kelengkapan jalan ini," jelas Wahyudijaya.

Sementara, jalur Leles dan Kadungora termasuk jalan provinsi. Dikatakan Wahyudijaya, PJU di jalur Leles dan Kadungora sudah mulai ideal. Tapi, di beberapa titik ada yang kurang PJU, apalagi dari arah Bandung menuju Garut ada beberapa titik yang lampu penerangan jalannya kurang memadai.  

"Saya sudah laporkan ke provinsi, katanya provinsi akan memasang, tapi teknisnya gak tau," ujarnya.

KBO Lantas Polres Kabupaten Garut, Iptu Zainuri menambahkan, lampu penerang di jalur selatan yang melintasi wiayah Limbangan dan Malangbong Garut masih kurang. Artinya, PJU yang ada sekarang masih belum cukup. Meski ada PJU jaraknya terlalu jauh dari PJU satu ke PJU yang lainnya.

Selain itu, ada juga PJU yang kurang terang. Intinya memang perlu tambahan PJU di beberapa titik. Terutama di tikungan-tikungan jalan.

Terpopuler