Jadi Lebih Sehat Berkat Puasa yang Tepat

Rep: MGROL 68/ Red: Indira Rezkisari

Selasa 07 Jun 2016 10:36 WIB

Muslim Turki berbuka puasa di Sultanahmet Square di Istanbul, Turki. Foto: Reuters Muslim Turki berbuka puasa di Sultanahmet Square di Istanbul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Puasa selama bulan Ramadhan baik untuk kesehatan Anda jika itu dilakukan dengan benar. Ketika tubuh kekurangan makanan, ia mulai membakar lemak sehingga dapat membuat energi. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan. Namun, jika Anda puasa terlalu lama tubuh akhirnya akan mulai mogok protein otot untuk energi, sehingga menjadikan hal tersebut tidak sehat.

Dr Razeen Mahroof, ahli anestesi dari Oxford yang dilansir dari laman NHS UK mengatakan ada hubungan yang kuat antara diet dan kesehatan. "Ramadhan tidak selalu dianggap sebagai kesempatan untuk menurunkan berat badan karena aspek spiritual ditekankan lebih umum daripada aspek kesehatan," katanya. "Namun, ini adalah kesempatan besar untuk mendapatkan manfaat fisik juga."

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam tubuh selama berpuasa tergantung pada panjang puasa yang dilakukan. Tubuh memasuki tahap puasa selama delapan jam atau lebih setelah makan terakhir, ketika usus selesai menyerap nutrisi dari makanan. Dalam keadaan normal, glukosa tubuh yang disimpan di hati dan otot adalah sumber utama energi tubuh.  Selama puasa, glukosa akan habis untuk menyediakan energi. Kemudian puasa selanjutnya saat glukosa habis, lemak menjadi sumber berikutnya energi bagi tubuh.

Ini adalah deskripsi teknis dari apa yang dikenal sebagai "kelaparan". Hal ini jelas tidak sehat dan melibatkan protein yang dirilis oleh rusaknya otot, hal ini alasan mengapa orang-orang yang kelaparan terlihat sangat kurus dan menjadi sangat lemah.

Namun, Anda tidak mungkin untuk mencapai tahap kelaparan selama bulan Ramadhan, karena puasa setiap hari. Puasa Ramadhan hanya berlangsung dari fajar sampai senja, energi tubuh dapat diganti dalam pra-fajar dan makan sahur.

Dr Mahroof mengatakan penggunaan lemak untuk energi membantu penurunan berat badan. Ini mempertahankan otot dan akhirnya mengurangi tingkat kolesterol Anda. Selain itu, hasil penurunan berat badan di kontrol yang lebih baik diabetes dan mengurangi tekanan darah.

"Sebuah proses detoksifikasi juga terjadi, karena setiap racun yang tersimpan dalam lemak tubuh dilarutkan dan dikeluarkan dari tubuh," kata Dr Mahroof.

Setelah beberapa hari puasa, endorfin tingkat tinggi muncul dalam darah, membuat Anda lebih waspada dan memberikan perasaan keseluruhan kesehatan mental secara umum. Makanan yang seimbang dan asupan cairan adalah penting selama puasa. Ginjal sangat efisien dalam menjaga air tubuh dan garam, seperti natrium dan kalium. Namun, ini bisa hilang melalui keringat. Untuk mencegah kerusakan otot, makanan harus mengandung cukup energi, seperti karbohidrat dan lemak.

"Cara untuk diet Anda selama berpuasa mirip dengan cara Anda harus makan di luar Ramadhan," kata Dr Mahroof. "Anda harus memiliki diet yang seimbang, dengan proporsi yang tepat dari karbohidrat, lemak dan protein."

Terpopuler