6 Tips Mudah Tetap Bugar Selama Ramadhan

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari

Senin 06 Jun 2016 15:20 WIB

Tambahkan vitamin saat sahur agar puasa bisa tetap bugar. Foto: pixabay Tambahkan vitamin saat sahur agar puasa bisa tetap bugar.

REPUBLIKA.CO.ID, Ramadhan telah tiba dan setiap Muslim wajib melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ini. Akan tetapi, bagaimana cara agar kita tidak mengalami kenaikan berat badan atau justru pengenduran otot selama puasa?

Puasa ternyata bermanfaat untuk tubuh jika dilakukan dengan benar. Berpuasa dapat memperbaiki sistem pencernaan, menjernihkan pikiran, dan memperbaiki mental. Berikut adalah tips untuk tetap sehat dan bugar selamat Ramadhan seperti dikutip dari India.com.

Jangan lewatkan sahur

Jika Anda sudah memahami pentingnya untuk sarapan setiap hari, begitu pula dengan pentingnya sahur dalam berpuasa. Makan sebelum fajar memang dianjurkan baik secara religius maupun untuk mengisi asupan gizi Anda. Sahur dapat memenuhi bahan bakar untuk tetap berenergi dan bekerja sepanjang hari. Makanlah makanan yang seimbang dengan jumlah protein, karbohidrat, lemak, dan gula yang cukup.

Makan secukupnya di malam hari

Sangat mudah rasanya untuk menyantap segala makanan ketika berbuka puasa. Akan tetapi, disiplin dan pengendalian diri adalah poin penting puasa. Oleh karena itu, atur porsi berbuka seperti cukup memakan kurma dan segelas besar air atau jus segar. Kemudian, setelah menunaikan shalat, bisa dilanjutkan dengan menyantap makanan dengan gizi seimbang. Praktik ini bisa membantu Anda mencerna makanan dan mencegah terlalu banyak makan.

Minum air cukup

Dalam bulan suci Ramadhan, waktu untuk minum terbatas hanya di malam hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus menjaga asupan cairan guna menjalani hari. Selalu isi tubuh dengan cairan ketika berbuka dan pastikan minum dua hingga tiga gelas air sebelum tidur.

Kurangi olahraga

Ketika berpuasa, Anda disarankan untuk mengurangi porsi olahraga reguler. Meski begitu, bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga sepenuhnya. Berolahraga tetap hal yang baik untuk menjaga kebugaran meski perlu pengurangan intensitas sekitar 50 persen. Anda juga bisa melakukan olahraga di malam hari atau sebelum sahur.

Konsumsi tambahan vitamin   

Jika Anda sudah rutin mengonsumsi vitamin, Anda bisa menambahkan pil omega 3 atau minyak ikan untuk memperbaiki metabolisme dan membangun otot.

Tetap aktif

Duduk bersantai dan memikirkan makanan tidak akan mempermudah Anda menjalani puasa. Sebaiknya Anda justru perlu memiliki tujuan atau kegiatan di siang hari. Kegiatan seperti membersihkan laci atau membereskan sesuatu hal akan membuat Anda aktif secara fisik dan mental.

Terpopuler