Curahan Hati Wali Kota Muslim London Memasuki Ramadhan

Rep: Lintar Satria/ Red: Citra Listya Rini

 Senin 06 Jun 2016 01:52 WIB

Wali Kota London Sadiq Khan Foto: Reuters Wali Kota London Sadiq Khan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  --  Wali kota London Sadiq Khan mengungkapkan curahan hatinya sebelum menjalani bulan Ramadhan pertamanya sebagai walikota Muslim pertama London. Khan mengatakan Ramadhan menjadi saat yang tepat untuk berbuat baik dan menghancurkan mitos dan kecurigaan warga agama lain tentang Islam.

"Jika Anda tidak memiliki teman seorang Muslim dan pengalaman Anda tentang Islam hanya berasal dari berita--orang berjenggot yang marah-marah dan melakukan atau mengatakan sesuatu yang buruk maka Anda mungkin akan mengaitkan Islam dengan itu semua," tulisnya dalam kolom opini di theguardian, Ahad (5/6).

Khan berjanji akan memprioritaskan bulan Ramadhan ini untuk membangun jembatan antar sesama dengan membagikan makanan di sekitar sinagog, gereja dan masjid Kota London. Ia mengatakan cara terbaik untuk mengerti keimanan seseorang adalah saling berbagi pengalaman.

"Puasa adalah cara baik untuk itu, karena ketika Anda berbagi roti dengan orang lain, mengundang non-muslim untuk berbagi makanan, hal itu bukan sesuatu yang luar biasa atau menakutkan atau aneh," kata Khan.

Khan mengatakan London sebagai kota kosmopolitan dimana pertukaran barang, orang, ide dan budaya sudah terjadi selama seribu tahun, kebanyakan warga London pasti pernah mengenal teman yang berpuasa selama satu bulan penuh. Sadiq menyatakan ia sering memiliki teman yang bersolidaritas saat ia sedang berpuasa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X