Jamah Masjid Agung Al Barkah Bekasi Meluber Saat Tarawih Pertama

Rep: c38/ Red: Andi Nur Aminah

Ahad 05 Jun 2016 21:55 WIB

Ribuan umat muslim mengikuti shalat tarawih di malam pertama bulan suci Ramadhan 1437 H, di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad (5/6) malam. (Republika/Darmawan) Foto: Republika/Darmawan Ribuan umat muslim mengikuti shalat tarawih di malam pertama bulan suci Ramadhan 1437 H, di Masjid Istiqlal Jakarta, Ahad (5/6) malam. (Republika/Darmawan)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Antusiasme umat Islam menyambut Ramadhan 1437 H tampak dalam pelaksanaan tarawih di masjid-masjid. Di Masjid Agung Al Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat, warga masyarakat memadati bangunan masjid dua lantai itu hingga luber ke halaman.

Kendati pemerintah baru saja mengumumkan hasil sidang isbat pada detik-detik jelang shalat Isya, jamaah shalat Tarawih tetap membanjir. Tak terkecuali penyandang disabilitas, mereka pun mengikuti shalat Tarawih dengan kursi roda di pelataran Masjid Agung Al Barkah.

"Malam ini dengan penuh rasa girang kita dipertemukan lagi dengan bulan yang sangat dinantikan umat Islam, Ramadhan 1437," kata Ketua Dewan Kemakmuran (DKM) Masjid Al-Barkah Bekasi, Abdul Hadie, Ahad (5/6).

Sejumlah persiapan fisik dan kegiatan telah disusun untuk menyambut kedatangan Ramadhan. Hadie menyatakan, selama beberapa pekan jelang Ramadhan, DKM Masjid Agung Al Barkah telah melakukan proyek fisik berupa pembangunan dan renovasi masjid. Sejumlah sisi dinding dan menara di cat ulang. Hal itu dilakukan untuk menyambut Ramadhan dan memberikan kenyamanan bagi jamaah.

Pengurus masjid juga menambah beberapa unit pendingin ruangan di ruang utama masjid supaya lebih sejuk. Hadie menyatakan, pihaknya juga akan menambah beberapa tempat wudhu dan melakukan perbaikan tempat wudhu yang sudah ada untuk meminimalkan antrean jamaah saat jam-jam sibuk.

Selama Ramadhan, Hadie mengatakan, Masjid Agung Al Barkah menyelenggarakan Tarawih satu malam satu juz. Shalat Tarawih di masjid ini dilakukan sebanyak 21 rakaat. "Sejak 2010 kami mencanangkan kegiatan Shalat Tarawih satu malam satu juz sehingga pada 1 Syawal nanti kita bisa mengkhatamkan Shalat Tarawih dengan 30 juz," kata Hadie.

Menurut Hadie, tahun ini DKM Masjid Al Barkah akan melaksanakan khatmil quran sebanyak tiga kali khatam dalam tempo semalam. Kegiatan ini akan menghadirkan puluhan hafizh dan hafidzah di Kota Bekasi. Layanan buka bersama (iftar) juga disediakan dengan kapasitas 300 hingga 400 porsi per hari. Terakhir, ia mengajak jamaah untuk menjaga kondusifitas selama Ramadhan.

Terpopuler