Resep Sahur Mudah, Oatmeal dengan Buah dan Kacang

Red: Indira Rezkisari

Ahad 05 Jun 2016 18:21 WIB

Overnight oat Foto: wnetwork Overnight oat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Oatmeal dikenal sebagai karbohidrat kompleks yang akan melepas gula dan bahan bakar tubuh secara lebih stabil, ketimbang nasi. Gandum dalam oat pun jadi pilihan untuk menu sahur.

Overnight oat alias oat yang direndam semalaman bisa jadi alternatif makanan sahur. Membuatnya sangat mudah, tapi nutrisinya dijamin tak kalah dengan menu standar nasi, sayur, dan lauk lainnya.

Pertama, Anda cukup menuangkan oat ke wadah sebanyak porsi yang diinginkan. Rendam dalam susu dan biarkan di kulkas hingga sahur. Cairan akan merendam oat dan melembutkan teksturnya.

Ada banyak cara untuk membuat oat sahur jadi lebih lezat dan bergizi. Tips pertama, Anda bisa mencampurkan biji chia sebanyak satu sendok teh ke rendaman oatmeal. Chia seeds atau biji chia mengandung omega-3 sekaligus protein yang dibutuhkan untuk energi puasa.

Tips kedua adalah rasa. Merendam oat dalam susu akan memberikan citarasa yang paling enak. Tapi jika Anda alergi susu sapi atau ingin menggunakan santan masak, sari kedelai, susu almond, atau bahkan jus jeruk, semuanya sangat mungkin.

Setelah waktunya sahur, Anda tinggal menambahkan buah atau kacang-kacangan atau bahan makanan lain yang disukai. Ide yang mudah adalah menambahkan potongan pisang, apel, dengan tambahan madu. Bisa juga menambahkan kacang mede, kacang almond, dengan strawberry, dan susu kental manis.

Pada dasarnya semua buah atau tambahan lain yang disukai bisa dimakan bersama oat yang sudah direndam semalaman. Untuk memberi rasa pada oat, coba juga bubuk kayu manis, bubuk cokelat, bahkan bubuk jahe.

Selamat mencoba sahur dengan oat.

Terpopuler