Masyarakat Diimbau tak Konsumtif Selama Ramadhan

Red: Teguh Firmansyah

Sabtu 04 Jun 2016 21:41 WIB

Warga sedang berbelanja pakaian. Foto: Republika/Tahta Aidilla Warga sedang berbelanja pakaian.

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAI RAYA -- Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Rusman Ali mengimbau masyarakat di daerahnya untuk tidak terlalu konsumtif selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Informasi yang saya dapat dari dinas terkait bahwa kebutuhan pokok untuk masyarakat selama Ramadhan masih mencukupi, namun kalau masyarakat terlalu konsumtif jelas semuanya akan kurang," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Sabtu.

Menurut dia, dalam menjalankan ibadah puasa yang diutamakan adalah menjalankan berbagai amalan. "Namun kebiasaan masyarakat kita kalau buka puasa selalu berlebihan. Padahal perut ini ada kapasitasnya dan tidak baik jika berlebihan," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kubu Raya, Leydianto menyatakan secara umum ketersediaan kebutuhan pokok di Kubu Raya masih mencukupi untuk memenuhui kebutuhan masyarakat Kubu Raya.

 

"Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jelang Ramadan apalagi lebaran nanti tingkat kebutuhan masyarakat cenderung meningkat. Namun saya yakin walaupun tingkat kebutuhan masyarakat naik namun persediaan kebutuhan pokok di Kubu Raya masih cukup untuk keperluan masyarakat lokal Kubu Raya," kata Leydianto.

Baca juga, Tempat Hiburan Malam Ditutup Selama Ramadhan. 

Dia memaparkan, umumnya kenaikan harga kebutuhan pokok erat kaitannya dengan tingkat konsumtif masyarakat yang turut meningkat jelang Ramadan, Leydianto menanggapi hal tersebut wajar karena berlaku hukum pasar.

"Sesuai hukum pasar, saat permintaan meningkat sementara barang terbatas otomatis harga barang juga meningkat," katanya.