Enam 'Setan' Berteriak Kepanasan Dengar Bacaan Alquran

Red: Erik Purnama Putra

Sabtu 04 Jun 2016 10:01 WIB

Aksi teatrikal 'Borgol Setanmu, Penjarakan Nafsumu' untuk menyambut Ramadhan. Foto: Ist Aksi teatrikal 'Borgol Setanmu, Penjarakan Nafsumu' untuk menyambut Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Cara berbeda dilakukan oleh Yatim Mandiri dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Lembaga amil zakat nasional yang fokus pada upaya pemberdayaan anak yatim dhuafa ini memilih menggelar aksi 'menangkap setan'. Aksi bertajuk "Borgol Setanmu, Penjarakan Nafsumu" digelar di perempatan depan Kebun Binatang Surabaya, Jumat (3/6) sekitar pukul 07.00–08.30 WIB.

Uniknya, aksi ini melibatkan delapan orang yang berkostum ala setan. Ada grandong hitam legam bertanduk, ada pula pocong. Meski demikian, dandanannya tidak menakutkan, tapi malah lucu. Tangan empat setan diborgol dengan rantai. Setan lainnya dipenjara dalam kurungan ayam besar.

Sepanjang aksi, enam setan ini tampak menderita. Mereka berteriak kepanasan, karena mendengar bacaan ayat suci Alquran. Ketika lampu merah menyala, setan dalam kurungan tadi mengambil posisi di area penyebarangan (zebra cross). Sementara peserta aksi yang lain, membawa poster dan menyebarkan brosur ajakan memuliakan bulan suci dan program Yatim Mandiri.

Tentu saja aksi yang digelar di tengah keramaian jalanan ini menarik perhatian penggunan jalan. Sepertinya mereka penasaran. Tapi begitu melihat poster dan brosur yang disebar, baru mengerti ini adalah kegiatan menyambut bulan suci.

Terpopuler