Penjual Kurma Mulai Bermunculan

Red: Andi Nur Aminah

Jumat 03 Jun 2016 15:40 WIB

Seorang pedagang kurma menata barang dagangannya Foto: Republika/Prayogi Seorang pedagang kurma menata barang dagangannya

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sejumlah penjual kurma dadakan mulai bermunculan di kawasan Pasar Raya, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), jelang Ramadhan. "Saya pada hari biasa berdagang buah-buahan dan tidak menjual kurma," kata penjual kurma dadakan, Leni (40) di Padang, Jumat (3/6).

Ia menjelaskan menjual kurma pada saat Ramadhan dapat meningkatkan penghasilannya dari hari biasa. "Jelang Ramadhan kurma yang terjual bisa sekitar 10 kilogram per hari," ujarnya.

Ia menambahkan permintaan saat Ramadhan dan jelang lebaran diprediksi bisa meningkat hingga dua kali lipat. Penjual kurma dadakan lain, Sari (48) mengatakan tertarik menjual kurma karena penghasilannya lumayan bisa mencapai Rp 300 ribu per hari.

Ia menjelaskan kurma yang banyak dicari adalah dengan kemasan kecil karena harga lebih terjangkau oleh seluruh warga. "Kemasan kecil ini, saya jual Rp 7.500 per kemasan," katanya.

Warga Padang, Ratna (25) menyebutkan makan buah kurma saat berbuka puasa dapat mengembalikan stamina seseorang setelah beribadah puasa. "Ini salah satu sunah Rasul bagi umat Islam pada saatRamadhan," tambahnya.