KA Motis Lintas Selatan Baru Terisi 51 Persen

Red: Taufik Rachman

Jumat 03 Jun 2016 15:39 WIB

kereta api ekonomi Foto: aditya pradana putra kereta api ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kapasitas kereta api angkutan sepeda motor gratis (motis) lintas selatan Jawa untuk Lebaran 2016 baru terisi 51 persen, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono.

"Dengan demikian masih sangat terbuka peluang bagi masyarakat untuk mengikuti program angkutan motor gratis mudik lebaran ini," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan data, hingga 2 Juni 2016, jumlah peserta yang telah mendaftarkan sepeda motornya untuk diangkut gratis menggunakan kereta api baru tercatat sebanyak 5.434 unit.

Menurut dia, jumlah tersebut terdiri atas 2.572 unit sepeda motor pada masa arus mudik dan 2.862 unit sepeda motor pada masa arus balik.

 

Padahal, kata dia, kapasitas angkut KA angkutan motis Lebaran 2016 lintas selatan Jawa sebesar 10.556 unit sepeda motor.

"Masih banyak alokasi kapasitas KA angkutan motis yang bisa dimanfaatkan pemudik," tegasnya.

Menurut dia, total kapasitas angkut KA motis lintas selatan Jawa pada Lebaran 2016 meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 5.278 unit sepeda motor.

Ia mengatakan peningkatan kapasitas KA angkutan motis lintas selatan Jawa terjadi karena adanya penambahan jumlah KA yang melayani angkutan motis.

"Tahun ini jumlah KA angkutan motis di lintas selatan Jawa ditingkatkan menjadi dua KA, yakni KA Motis Lintas Selatan 1 jurusan Jakarta Gudang-Kutoarjo pergi pulang (pp) dan KA Motis Lintas Selatan 2 jurusan Jakarta Gudang-Kediri pp," katanya.

Ia mengatakan setiap KA angkutan motis akan membawa rangkaian tujuh gerbong dengan kapasitas muat masing-masing gerbong sebanyak 58 sepeda motor dan akan dioperasikan pada 28 Juni atau H-10 Lebaran hingga 7 Juli atau H-3 Lebaran serta 10 Juli atau H+3 Lebaran hingga 16 Juli atau H+9 Lebaran.

Menurut dia, KA Motis Lintas Selatan 1 akan melayani tujuan Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo, sedangkan KA Motis Lintas Selatan 2 akan melayani tujuan Lempuyangan, Klaten, Solojebres, Madiun, Kertosono, dan Kediri.

Selain dari Jakarta, kata dia, KA angkutan motis pada Lebaran 2016 juga melayani pengiriman sepeda motor pemudik dari daerah seperti Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, dan Kutoarjo dengan tujuan Jakarta maupun ke kota-kota lainnya seperti Yogyakarta, Klaten, Solo, Madiun, Kertosono, dan Kediri.

"Kami membuka pendaftaran angkutan sepeda motor gratis di stasiun-stasiun pelayanan motis seperti Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen dan ,Kutoarjo," katanya.