Segarnya Berbuka dengan Es Teler Tart

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 03 Jun 2016 09:32 WIB

Kue es teler tart Foto: Darmawan/Republika Kue es teler tart

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa bangga kepada Indonesia mendorong munculnya tren kreasi hidangan moderen dan istimewa yang terinspirasi dari makanan tradisional Indonesia. Salah satunya adalah kue lebaran yang diciptakan Celebrity Chef, Karen Carlotta, yaitu Es Teler Tart.

“Saya ingin membawa rasa asli Indonesia ke dunia internasional melalui kue. Selain es teler, nanti akan dicoba lagi es puding dan makanan Indonesia lainnya,” ungkap Karen, saat ditemui di restoran Ocha & Bella, Menteng, Jakarta, Kamis (2/6).

Es Teler Tart adalah modifikasi dari hidangan es teler yang sangat disukai masyarakat Indonesia, namun dibuat dalam bentuk kue. Pembuatannya pun mudah dan hanya memakan waktu 30 menit.

Ia menjelaskan, bagian terpenting dari kue ini adalah kulit tart yang berbahan dasar terigu. Agar adonan kulit tidak keras, sebaiknya bahan tidak diaduk dengan kasar. Selain itu, semua bahan harus benar-benar tercampur sebelum dilakukan penggilasan.

“Saat menggilas agar lebih mudah, adonan bisa disimpan di tengah kertas minyak. Kertas lalu dilipat, baru kita bisa lakukan proses penggilasan. Fungsi kertas minyak adalah agar ketebalan adonan sama,” jelasnya.

Penyajian Es Teler Tart sama dengan tart buah. Hanya saja tart ini menggunakan krim alpukat yang ditambahkan potongan jelly kelapa dan nangka sebagai topping. Kelihatannya, sama seperti halnya es teler sungguhan.

Kreasi kue ini bisa Anda coba praktikkan sendiri di rumah. Berikut ini resepnya.

Bahan:

Kulit tart:

300 gr terigu untuk kue

40 gr custard powder atau tepung maizena

30 gr susu bubuk

20 gr gula halus

1 butir telur

200 gr Blue Band Cake and Cookie

Krim alpukat:

200 gr daging alpukat mentega

40 gr susu kental manis

30 gr gula halus

Jelly kelapa:

1 bks konyaku bubuk

600 gr air kelapa

60 gr gula pasir

1 lbr daun pandan

200 gr daging kelapa muda, potong kotak kecil

Hiasan:

Daging buah nangka, potong kotak kecil

Cara Membuat:

1. Untuk kulit tart, campur dan uleni terigu, custard powder, susu bubuk, gula halus, dan Blue Band. Setelah tercampur, masukan telur.

2. Gilas adonan hingga pipih dan cetak dalam adonan tart.

3. Panggang dalam suhu 180 derajat celcius selama 10 sampai 15 menit, lalu dinginkan.

4. Untuk krim alpukat, blender semua bahan hingga halus. Masukan ke kantong semprit dan dinginkan.

5. Untuk jelly kelapa, masak semua bahan hingga mendidih, lalu masukan ke dalam kulkas selama empat jam. Setelah mengeras, potong jelly dengan bentuk kotak-kotak kecil.

6. Isi kulit tart dengan krim alpukat. Di atasnya hias dengan potongan jelly dan buah nangka.

Terpopuler