Pie Kolak Pisang, yang Unik untuk Berbuka

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 03 Jun 2016 09:18 WIB

Pie kolak pisang Foto: Darmawan/Republika Pie kolak pisang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya para ibu ingin kue lebaran berbeda dan spesial, namun tetap praktis dibuat. Resep kue unik yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan, yaitu Pie Kolak Pisang. Resep ini diciptakan seorang ibu rumah tangga dan juga baker, Dewi Utari.

Dewi menjelaskan, Pie Kolak Pisang memiliki bahan dasar biskuit. Karena itu tidak perlu ada proses pemanggangan di dalam oven. Hanya saja, biskuit yang telah dihancurkan harus didinginkan di dalam freezer dan benar-benar beku agar tidak bercampur dengan adonan custard. “Pembuatannya hanya memerlukan waktu 15 menit. Cukup praktis karena tidak perlu oven, hanya perlu kulkas,” ujar pemilik online pastry shop @shopdelicakes ini.

Pie dan custard yang sudah berada dalam satu wadah kemudian disajikan dengan topping potongan pisang dan kolang-kaling. Hidangan ini tentunya juga cocok disantap sebagai pengganti kolak saat berbuka puasa.

Mau mencoba membuatnya? Simak resep berikut.

Bahan:

Kulit pie:

300 gr biskuit marie, dihancurkan

150 gr Blue Band cake and cookie, lelehkan

Custard:

2 butir telur

55 gr gula palem

375 ml santan kental

150 gr gula

3 lembar daun pandan

1 sdm agar-agar bubuk

375 ml air hangat

Hiasan:

1 buah pisang, iris tipis

8 buah kolang kaling, iris tipis

 

Cara membuat:

1. Untuk kulit pie, aduk rata biskuit marie yang telah dihaluskan dengan Blue Band. Tuang campuran biskuit ke dalam Loyang pie (diameter 23 cm). Padatkan pada dasar dan sisi Loyang. Simpan dalam lemari es (freezer) sampai mengeras.

2. Untuk membuat custard, aduk rata telur, gula palem, santan, dan daun pandan di dalam mangkuk. Diamkan selama 15 menit.

3. Masukan agar-agar, air, dan gula di dalam panci di atas api sedang. Masak sambil terus diaduk hingga gula larut. Masukan larutan santan, masak sebentar sambil terus diaduk.

4. Angkat daun pandan, lalu tuangkan custard ke dalam loyang yang telah berisi adonan biskuit. Simpan kembali loyang di dalam kulkas selama 10 sampai 15 menit.

5. Setelah adonan mengeras, tata potongan pisang dan kolang kaling di atasnya.

6. Pie kolak pisang siap disajikan untuk 12 potong.

n Fira Nursya'bani

Terpopuler