Baznas Yogya Buka Gerai Zakat di Kilometer Nol

Rep: Yulianingsih/ Red: Achmad Syalaby

Kamis 02 Jun 2016 15:50 WIB

Becak melintas di titik nol kilometer Yogyakarta Foto: Antara Becak melintas di titik nol kilometer Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta akan membuka beberapa gerai penerimaan zakat selama bulan Ramadhan 1437 Hijriyah. Gerai untuk jemput bola zakat ini akan dibuka di pasar tradisional dan titik nol kilometer.

Koordinator Bidang Pungutan Baznas Kota Yogyakarta Deni Riani mengatakan, penerimaan zakat saat ramadhan biasanya meningkat tajam. Jika pada hari biasa dalam sebulan pihaknya menerima zakat sebesar Rp 300- Rp 350 juta, saat Ramadhan bsa mencapai Rp 480 juta dalam sebulan.

"Kita akan melakukan jemput zakat dan membuka gerai di pasar tradisional, titik nol kilometer dan mall-mall." katanya, Kamis (2/6). Menurut dia, penerimaan zakat selama Ramadhan pada tahun lalu itu berasal dari zakat fitrah dalam bentuk uang yang kemudian dibelikan beras dan dibagikan. 

Untuk tahun ini, Zakat Fitrah  diberikan kepada peserta Pesantren Dhuafa, buruh gendong di pasar serta pasukan kuning yang bekerja di Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. 

Untuk kegiatan selama Ramadhan, menurut  Wakil Ketua II Bidang Pentasharufan dan Pendayagunaan Baznas Kota Yogyakarta Adi Soeprapto, pihaknya akan  menyelenggarakan Pesantren Duafa selama Ramadan sebagai pengembangan program Pesantren Becak yang diselenggarakan pada Ramadan tahun lalu.

Baznas Kota Yogyakarta menargetkan 50 peserta Pesantren Duafa, dan hingga kini sudah ada sekitar 40 peserta yang mendaftar. "Kami tinggal melakukan verifikasi terhadap peserta yang sudah mendaftar," katanya.

Sejumlah kegiatan yang dipersiapkan dalam Pesantren Duafa tersebut di antaranya adalah sholat berjamaah, siraman rohani, pengajian, berbuka puasa bersama, tarawih, tadarus Alquran, shalat malam serta iktikaf.Seluruh peserta juga akan memperoleh bingkisan jika mengikuti kegiatan pesantren dengan tertib. "Kami akan memilih peserta terbaik dalam kegiatan ini," katanya.

Terpopuler