Jelang Ramadhan, Permintaan Busana Muslim Meningkat

Rep: Ratna Wulandhari/ Red: Achmad Syalaby

Rabu 01 Jun 2016 16:42 WIB

Warga sedang berbelanja pakaian di pasar Tanah Abang, Jakarta. Foto: Republika/Tahta Aidilla Warga sedang berbelanja pakaian di pasar Tanah Abang, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permintaan akan busana Muslim kian meningkat menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1437 H/ 2016. Masyarakat berbondong-bondong memburu busana Muslim tak hanya untuk persiapan Ramadhan tetapi juga perayaan Idul Fitri mendatang.

Hal tersebut diakui oleh sejumlah pedagang yang berada di kawasan pusat grosir Tanah Abang, Jakarta. "Kan //udah// mau Ramadhan, jadi yang belanja rame daripada hari biasanya, kita jadi sedikit sibuk," ujar Yus, salah satu pedagang busana muslim, kepada Republika.co.id, Rabu (1/6).

Menurut Yus, lonjakan pembeli menjelang Ramadhan sudah menjadi hal biasa dan musiman setiap tahunnya. Untuk itu, Yus sudah mempersiapkan stoknya beberapa kali lipat menghadapi lonjakan ini.

Dari sekian banyak atribut Muslim yang ada di, Yus mengaku para pembeli cenderung memburu busana Muslim Wanita baik dewasa maupun anak-anak. Varian harga yang ditawarkan pedagang busana Muslimah pun cukup beragam mulai Rp 150 ribu hingga di atas Rp 500 ribu.

Tak hanya busana Muslimah, pakaian Muslim pria pun sudah mulai banyak diburu pembeli. "Banyak yang beli baju koko seragam untuk bapak dan anak laki-laki," kata Edi, salah satu pedagang baju koko.

Meski jauh lebih sedikit dari pembelian busana Muslim wanita, Edi mengaku permintaan baju koko sudah cukup banyak. Tak tanggung-tanggung, Edi mengatakan, para pembeli selain beli eceran juga banyak yang membeli secara grosir.

"Banyak juga yang beli untuk dijual lagi, kalau beli grosir harga per potongnya lebih murah," kata Edi menambahkan. Untuk koko lengan pendek, Edi mematok harga sebesar 100 ribu dan 120 ribu untuk koko lengan panjang.

Selain busana Muslim, mukena juga menjadi incaran para pembeli di pasar Tanah Abang. Para penjual mukena menjual berbagai jenis mukena dengan varian bahan. Mulai dari bahan sutra hingga katun."Yang lagi tren sekarang itu mukena katun Jepang, banyak dicari sama remaja," kata Nisa, salah satu karyawan toko mukena.

Terpopuler