Pemkot Sukabumi Siapkan Bazar Murah Ramadhan Selama Puasa

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Achmad Syalaby

Rabu 01 Jun 2016 14:35 WIB

Pasar Murah (Ilustrasi) Foto: Republika/Yasin Habibi Pasar Murah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Pemerintah Kota Sukabumi tengah menyiapkan kegiatan bazar murah Ramadhan. Kegiatan ini diharapkan bisa membantu warga kurang mampu yang tingkat daya belinya masih rendah.

"Rencananya akan dilakukan pada 13 Juni hingga 23 Juni mendatang,’’ terang Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Sukabumi Ayep Supriatna kepada wartawan Rabu (1/6). Kegiatan tersebut akan biasanya digelar secara bergantian di tujuh kecamatan.

Menurut Ayep, setiap komoditas yang dijual di bazar Ramadhan itu akan diberikan subsidi oleh pemeritah sekitar 30 persen. Sehingga harga jualnya bisa murah dan terjangkau oleh warga kurang mampu.

Kegiatan ini lanjut Ayep, sebenarnya sudah rutin digelar setiap momen bulan puasa. Selain bazar Ramadhan, lanjut dia, pada momen puasa juga rencananya akan digelar operasi pasar murah (OPM).Namun Ayep menjelaskan, alokasi dana penyelenggaraan OPM ini berasal dari Pemprov Jawa Barat. Sedangkan Pemkot Sukabumi hanya berperan sebagai pelaksana di lapangan.

"Untuk OPM belum bisa dipastikan waktunya karena menunggu dari Pemprov Jabar,’’ kata dia.  Di sisi lain, harga sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat mulai mengalami kenaikan.

Dari data Diskoperindag Kota Sukabumi menyebutkan, harga daging ayam misalnya naik dari Rp 32 ribu per kilogram menjadi RRp 35 ribu per kilogram. Ayep mengatakan, harga daging ayam tersebut kemungkinan masih bisa turun kembali. Terutama ketika sudah memasuki bulan puasa.

Terpopuler