Sambut Ramadhan, Dompet Dhuafa Adakan Zikir Bersama di Masjid Al Madina

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Damanhuri Zuhri

Ahad 29 May 2016 15:48 WIB

Dompet Dhuafa Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Semangat menyambut Ramadhan 1437 Hijriah terlihat semarak pada Ahad (29/5) di berbagai wilayah di Tanah Air. Hal ini dibuktikan digelarnya berbagai acara tarhib dan hastag Tarhib Ramadhan yang menjadi trending topic di Twitter.

Aktivitas menyambut bulan suci Ramadhan pada hari yang sama digelorakan pula masyarakat di kawasan pemberdayaan Dompet Dhuafa, Zona Madina di Bogor, Jawa Barat. Berbagai aktivitas seperti fun bike, jalan sehat, dan tabligh akbar digelar bertajuk #Zakatnesia.

Dompet Dhuafa ingin menyambut Ramadhan ini dengan aktivitas yang sedikit berbeda di Zona Madina. "Selain persiapan ilmu, rohani, dan spiritual, persiapan fisik juga penting. Ini agar beribadah di bulan Ramadhan semakin maksimal,” ujar Direktur Zona Madina, Herman Budianto, Ahad (29/5).

Aktivitas tarhib di Zona Madina dipusatkan di Masjid Al Madina. Di masjid berkubah merah putih tersebut digelar zikir bersama dan tabligh akbar bersama para ustaz dari Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa).

Di masjid ini saat bulan Ramadhan nanti insya Allah akan digelar berbagai aktivitas untuk memakmurkan masjid seperti tausiyah, salat tarawih, dan iktikaf. "Selebihnya di kawasan Zona Madina sendiri berbagai program Ramadhan juga digelar seperti ngabuburit sambil memanah dan bazar pedagang binaan Dompet Dhuafa,” kata Herman.

Masjid berlantai dua itu berdaya tampung 2.000 jamaah dan dilengkapi sebuah ruangan pertemuan di lantai satu berkapasitas 2.000 tamu. Dana untuk masjid dari sumbangan donatur Dompet Dhuafa, berupa infak, sedekah dan wakaf.

Sampai April ini terkumpul sekitar Rp 7 miliar. Al Madinah masih dalam tahap penyelesaian akhir. Diharapkan pembukaan akbar bisa dilakukan bulan Ramadhan mendatang. Sejak 29 April lalu, masjid ini sudah dapat berfungsi.

Tujuan pembangunan Al Madinah adalah untuk menjadikan masjid sebagai model sebuah pusat keunggulan (a center of excellence). Dompet Dhuafa ingin menjadikan masjid selain fungsi beribadah juga sebagai pusat pemberdayaan masyarakat miskin dalam bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, kebudayaan, di samping fungsi utamanya untuk pembinaan imam dan takwa.

Karena itu, Al Madinah yang berdiri di zona seluas hampir tujuh hektare itu dilengkapi rumah sehat (rumah sakit), lembaga pengembangan insani (Ekselensia Indonesia, sekolah akselerasi SMP-SMA lima tahun berasrama, Sekolah Guru Indonesia, Makmal Pendidikan), pusat seni budaya (Kampung Silat Jampang), tempat latihan teater, memanah, kemah Pramuka, pasar/kios, taman tempat bermain dengan //flying fox// dan studio radio komunitas Swara Cinta dan Zakat TV.

Terpopuler