Petang Megang Saat Ramadhan Menjelang

Red: Didi Purwadi

Jumat 10 Jun 2016 17:17 WIB

Ribuan orang berkumpul untuk mengikuti tradisi Petang Megang di tepi Sungai Siak, Pekanbaru, Riau. Foto: Antara/FB Anggoro Ribuan orang berkumpul untuk mengikuti tradisi Petang Megang di tepi Sungai Siak, Pekanbaru, Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Petang Megang. Agenda wisata religius yang rutin digelar Pekanbaru tiap kali menyambut bulan Ramadhan. Tradisi ini menampilkan budaya dan kearifan lokal Melayu Riau.

Petang Megang merupakan perpisahan bulan Syakban dan penyambutan datangnya Ramadhan. Seperti dikutip dari Pusat Data Republika, acara yang digelar di Kecamatan Senapelan, Kelurahan Bandar dan tepian Sungai Siak itu selalu diramaikan masyarakat.

Ritual Petang Megang diawali dengan ziarah kubur ke taman pemakaman umum Senapelan. Selanjutnya ziarah ke pendiri Pekanbaru di Masjid Raya Pekanbaru, diikuti shalat berjamaah para pejabat dan Muspida.

Ritual dilanjutkan menuju tepian sungai. Ada arak-arakan menjunjung dulang yang diikuti 12 Kecamatan dengan diiringi kompang.

Kemudian acara puncak akan dilakukan di tenda utama di tepian sungai Siak dengan kegiatan hiburan rakyat yakni menangkap itik dan memandikan anak yatim.

Terpopuler