Jelang Ramadhan, BKP Bengkulu Sidak Kualitas Pangan Segar

Red: Hazliansyah

Selasa 24 May 2016 07:01 WIB

Sayur mayur Foto: Republika/Prayogi Sayur mayur

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Petugas Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu menggelar inspeksi mendadak ke pasar-pasar tradisional dan sejumlah swalayan untuk memeriksa kualitas bahan pangan segar menyambut bulan suci Ramadhan 2016.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Bengkulu, Muslih di sela inspeksi mendadak di pasar tradisional Pasar Minggu mengatakan, pemeriksaan meliputi bahan pangan segar terutama sayur-mayur yang dijual pedagang.

"Kami menggunakan tes cepat atau `rapid test' untuk memeriksa kandungan insektisida dan racun lainnya," kata Muslih di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan inspeksi mendadak (sidak) dari BKP tersebut merupakan bagian dari sidak gabungan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Pengawasan pangan segar tersebut untuk menjamin keamanan pangan segar yang konsumsi masyarakat, terutama menjelang bulan suci Ramadhan.

"Pengawasan dilakukan bersama tim gabungan sehingga tidak mengganggu pedagang karena harus melayani beberapa petugas dari lembaga lain," ucapnya.

Selain menggelar sidak rutin ke berbagai pusat perbelanjaan, BKP juga menerbitkan sertifikat pangan segar untuk sejumlah komoditas pangan di daerah ini.

Terpopuler